Home / Bangka Belitung / Gubernur Babel Ngobrol Santai Soal Adat & Budaya Bersama LAMBEL

Gubernur Babel Ngobrol Santai Soal Adat & Budaya Bersama LAMBEL

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Gubernur Babel Erzaldi Rosman Johan, menggelar ngobrol santai bersama LAMBEL (lembaga melayu adat belitung), yang bertempat di Kedai Bubur Ayam Kitee, Jalan Kapten Saridin, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada Senin, 6 Desember 2021.

Acara gobrol santai ini dihadiri juga Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin yang didampingi sekretaris Ismail Mihad, anggota DPRD Babel Beliadi SIP, Ketua Umum ASPPI Agus Pahlevi, Ketua DKB Ikbal, Koordinator Pemandu Wisata Belitung Erling Rinanto, ketua LAM Kecamatan Tanjungpandan Sofwan AR, para LAM Desa, tokoh agama, tokoh adat, dan undangan.

Pada kesempatan tersebut gubernur berbicara santai sembari disuguhi bubur ayam dan aneka minuman teh maun kopi susu. Adapun pertemuan ini lebih banyak memberikan masukkan dari LAMBEL berkaitan adat, budaya dan pelestarian lingkungan.

Dalam pertemuan Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin sampaikan ucapkan terima kasih kepada gubernur Babel yang hadir dalam rangkaian silatuhrahmi dengan jajaran LAMBEL.
Dihadapan gubernur, Hadi jelaskan keberaan LAMBEL diatur perda, sturuktur organisasi, serta fungsi dan tugas LAMBEL.

Saat ini kata Hadi kepengurusan sampai ke tingkat desa yang berfungsi menjaga dan melestarikan adat budaya.”Tugas kita juga meluruskan kembali dan mengembalikan fungsi adat dan budaya seperti semula,” kata Hadi.

Selain itu, Hadi sampaikan Hutan riding, Das /Daerah Aliran Sungai yang ada dalam HGU Sawit harus dikeluarkan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan. Begitu juga Situs-situs Sejarah/Religi serta Lokasi Kebun Sawit yang berada dalam
Sepanjang jalan raya (daerah sepadan Jalan raya) dikeluarkan dan menjadi Tanah Adat Masyarakat desa setempat.

Ditambahkan Sekretaris LAMBEL Ismail Mihad adalah perlunya dukungan dalam hal pegembangangan LAMBEL terhadap berbagai kegiatan dan termasuk sekretariat LAMBEL.

“Aktivitas kegiatan LAMBEL sampai ke bawah, hampir 1600 orang kepengurusan adat maupun satgasnya tersebar di seluruh Belitung. Ini perlu perhatian. Termasuk juga keberadaan sekretariat LAMBEL saat ini,” katanya.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Johan berterima kasih atas informasi yang diterimanya dan akan menjadi masukkan bagi pemerintah provinsi Babel.
“Berbagai usulan-usulan tersebut akan ditindak lanjuti oleh OPD/UPTD Provinsi secepatnya. Hasilnya dilaporkan kepada Saya pada kesempatan pertama. Insyaallah tanggal 20 Desember ini sudah harus diselesaikan,”pinta Gubernur sambil menunjuk Kepala UPD yang mendampingi beliau

Terkait dengan dukungan keberadaan LAMBEL dan sekretariat LAMBEL, Erzaldi minta instansi terkait segera mengakomodir apa yang diungkapkan aspirasi dari LAMBEL. “Tolong itu bagian kesra(bagian Kesra Babel: red), nanti koordinasi dengan sekretaris LAM diakomodir,” katanya.

Acara kelakar santai diakhiri dengan penyerahan buku prosesi perkawinan adat Belitung, pakaian pengantin beserta pirantinya dari Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin kepada gubernur Babel Erzaldi Rosman Johan.*