HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023, Begini Harapan dari Senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein

guru harus menjadi agen perubahan dengan tugas memberikan pendidikan bermutu secara profesional. Ciri SDM berkualitas adalah kemampuan menguasai keahlian dalam bidang iptek, bekerja secara profesional dengan orientasi mutu dan keunggulan, serta mampu menghasilkan karya unggul yang dapat bersaing secara global.

TANJUNGPANDAN: TRAWANGNEWS.COM: 3 Desember 2023 – Hari ini, kawasan pantai Tanjungpendam, dipenuhi semangat dan kegembiraan dalam rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari Guru Nasional tahun 2023, yang dipusatkan ke kawasan Pantai Tanjungpendam, Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Salah satu highlight acara adalah Jalan Sehat yang dilaksanakan di kawasan Pantai Tanjungpendam, melibatkan ribuan guru, murid, dan masyarakat sekitar. Suasana penuh keceriaan semakin terpancar dengan kehadiran Ketua PGRI Sapta Nugraha dan pengurus PGRI Belitung.

Acara rangkaian kegiatan ini dihadiri oleh senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn, MSi, dan Ketua PGRI Belitung, Sapta Nugraha, sejumlah tokoh penting lainnya ini, menjadi momen bersejarah bagi dunia pendidikan.

Dimintai tanggapannya dari Media ini, Senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein menyampaikan selamat HUT PGRI ke-78. “Semoga bertambah usia, PGRI tetap harus optimis dan melangkah untuk lebih baik ke depan,” ujarnya dengan penuh semangat.

IMG 20231203 110518
senator Babel Ir. H. Darmansyah Husein, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn, MSi, dan Ketua PGRI Belitung, Sapta Nugraha di acara HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional tahun 2023

Darmansyah juga berharap PGRI terus menjadi pilar pembangunan di bidang pendidikan, melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkontribusi terbaik untuk bangsa dan negara.

Darmansyah juga menyoroti peran guru di era global. Bagi beliau, guru harus menjadi agen perubahan dengan tugas memberikan pendidikan bermutu secara profesional.

“Ciri SDM berkualitas adalah kemampuan menguasai keahlian dalam bidang iptek, bekerja secara profesional dengan orientasi mutu dan keunggulan, serta mampu menghasilkan karya unggul yang dapat bersaing secara global,” ungkapnya.

Pentingnya peran guru juga terlihat dalam upaya Darmansyah Husein yang memperjuangkan penambahan kuota untuk prioritas guru honor dalam mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Menurut Darmansyah Husein, saat dirinya menjadi Wakil Ketua Komite 4 DPD RI sempat memperjuangkan tambahan kuota untuk prioritaskan tenaga honorer untuk  ikuti seleksi menjadi PPPK karena mereka dianggap sudah mengabdi untuk negara.

“Jadi, alhamdulliah disetujui kuota tersebut. Saat rapat, saya ditugaskan sebagai wakil Ketua Komite 4 DPD RI untuk membahas tenaga honerer, bersama kementerian atau instansi terkait lainnya agar kouta (tambahan) tenaga honorer guru, diprioritaskan dan diberikan kemudahan juga persyaratannya tidak dipersulit dengan standar pengabdiannya untuk mengikuti PPPK. Alhamdulilah berhasil diberikan kemudahan, didapatkan termasuklah bagi kabupaten Belitung,” kata Darmansyah menyampaikan keberhasilan dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Adapun acara HUT ke-78 PGRI di Tanjungpendam menciptakan momentum positif dan semangat baru untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.*