Jelang Idul Fitri, Kalapas Pastikan Situasi Kamtib Lapas Kondusif

TANJUNGPANDAN: Guna memastikan situasi Lapas yang kondusif dan mengecek kesiap-siagaan jajaran dalam melaksanakan tugas, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menggelar Apel Kewaspadaan bertempat di Lapangan Apel Rabu (5/5/2021).

Apel dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, Staf dan Komandan Regu Pengamanan.

IMG 20210505 WA0027 1

 

Dalam amanatnya Kalapas menekankan kepada seluruh jajaran untuk mematuhi Edaran Sekretaris Jenderal Kementrian Hukum & HAM, diantaranya tidak melaksanakan mudik keluar daerah dan tidak memberikan Cuti kepada jajaran selama Hari Raya Idul Fitri sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Penegasan dalam hal ini, artinya seluruh jajaran dalam posisi Stand By On Call kapanpun dibutuhkan jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, langkah cepat penanganan dapat dilakukan. Selanjutnya Kalapas menekankan pengawasan terhadap keluar masuk barang dan disiplin Petugas dalam melaksanakan tugas.

Kepada Media Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan, dirinya telah memberikan penegasan kepada seluruh Kasi agar menangguhkan cuti jajaran dibawahnya.

Langkah – langkah deteksi dini melalui kontrol blok dan hunian secara rutin, pengawasan penyaluran jatah makan WBP, dan penitipan barang WBP harus ditingkatkan intensitas pengawasannya.

Seraya menambahkan bahwa sampai saat ini pihaknya masih menutup Layanan Kunjungan Keluarga secara Langsung, sebagai pengganti masih menggunakan Layanan Kunjungan secara Virtual melalui Video Call.

Hal tersebut masih tetap akan dilaksanakan sampai ada perubahan kebijakan dari Pusat (Direktur Jenderal pemasyarakatan – red).

“Kita memberikan kebijakan Layanan Penitipan Makanan bagi WBP selama bulan Ramadhan ini, puji syukur berjalan dengan tertib. Untuk pelaksanaan Ibadah Ramadhan, seperti Tausiah dan Shalat Tarawih berjamaah tetap dilaksanakan namun dengan protokol kesehatan yang ketat diantaranya kami laksanakan secara internal tidak melibatkan Pihak luar sebagai Imam maupun penceramah, jelas Kalapas.

IMG 20210505 WA0028

Terkait Layanan kunjungan hari Raya Idul Fitri, dirinya menegaskan akan melaksanakan sesuai ketentuan yang ditetapkan. Jika memang masih ditutup, maka pihaknya akan memberikan layanan alternatif sebagai pengganti. Nanti akan kami informasikan kembali, Jelas Romiwin.*
Rilis Media
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan