Home / Bangka Belitung / Jelang Ramadhan, Babinsa & Bhabinkamtibmas serta Warga Bersihkan TPU Mawar
IMG_20220328_091011

Jelang Ramadhan, Babinsa & Bhabinkamtibmas serta Warga Bersihkan TPU Mawar

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Menjelang bulan Ramadhan / Bulan Puasa, Babinsa Koramil 414-01/ Tanjungpandan Serda Taufik dan Bhabinkamtibmas Polsek Tanjungpandan Briptu Abdul Aziz bersama warga RT.05B RW.01 Dusun Air Pelempang Timur, Desa Aik Pelempang Jaya melaksanakan kerja bakti pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (27/03/2022).

Kerja bakti pembersihan TPU tersebut sudah lama tidak dibersihkan, menurut pemantauan maka ini menjadi tradisi yang dilaksanakan setiap menjelang bulan Ramadhan yang melibatkan warg dan masyarakat warga RT.05B RW.01 dusun Air Pelempang Timur. Adapun Sasaran kerja bakti ini adalah pembersihan semak semak, rumput dan sampah di areal makam.
Ditemui di TPU Mawar Kepala Dusun Air Pelempang Timur Perdana Nopialto disela sela kegiatannya gotong royong tersebut mengatakan bahwa,

“Dengan dilakukannya pembersihan di area makam ini diharapkan warga yang nantinya akan melaksanakan ziarah ke makam dapat melangkah dengan leluasa dan merasa nyaman,” ujarnya.

Sementara Serda Taufik selaku Babinsa di wilayah desa Air Pelempang Jaya mengatakan,


“Kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong,” terangnya.

Iwan Setiawan Ketua RT.05B RW.01 Dusun Air Pelempang Timur yang juga merupakan inisiator kegiatan ini menambahkan, “Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal, sebagai bentuk rasa hormat untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” imbuh beliau yang akrab disapa Bang Boy.

Bukan hanya di TPU saja, dalamm pantauan kami juga kegiatan gotong royong warga Dusun Air Pelempang Timur juga, dilakukan oleh Pengurus dan Jama’ah Mesjid Aik Ikhlas Komplek Perumnas Tanjungpandan, Belitung. *TIM