Home / Bangka Belitung / Kaitan Adat dan Budaya, Silaturahmi LAMBEL dengan Anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein
IMG_20220624_203930

Kaitan Adat dan Budaya, Silaturahmi LAMBEL dengan Anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Silatuhrahmi LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) dengan Anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein yang bertempat di Gorong-Gorong, Tanjungpendam, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada hari ini, Jumat 24 Juni 2022.

Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin yang didampingi Sekretaris LAMBEL ungkapkan bahwa pertemuan dengan senator ini hanyalah untuk menjalin persahabatan/Silaturahim antara dua teman lama sama-sama Alumni Bandung sekaligus kapasitas sebagai Ketua LAMBEL yang berdiskusi tentang Program/Kegiatan LAMBEL tahun 2023 yang akan datang antara lain :

a. Tentang Pemahaman Makan dan Fungsi TIPAk sebagai salah satu simbol adat penyambutan Tamu dalam acara adat
b. Tentang Tata Laksana Acara Penyambutan Tamu secara Adat Belitung
c. Tentang Pemahaman Tata Cara Makan Bedulang.

IMG_20220624_204033

Hadi akui dalam realisasi kegiatannya di masyarakat sampai sekarang ini masih belum ada pemahaman yang standard terkait  adat dan budaya.

Karena itu kata Hadi, kegiatan acara adat tersebut perlu LAMBEL lakukan langkah-langkah yaitu melaksanakan Saresehan sehingga terwujud pemahaman dan standard yang sama.

Dan sarasehan ini kata Hadi, akan diikuti oleh Pengulu Gawai. Mak Inang. Mak Panggong. Pemantun serta tokoh adat / Masyarakat se Kabupaten Belitung.

“Dari hasil Sarasehan itu nantinya akan menjadi dan Ditetapkan LAMBEL dalam bentuk Fatwa atau Rekomendasi sebagai rujukan /pedoman kegiatan-kegiatan adat tersebut oleh Masyarakat dan Pemerintah Daerah,” katanya.”

Hadi sebut bahwa kiprah bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang telah memimpin dua periode terbilang sangat luar biasa selama ini yang juga disamping tokoh pembangunan Belitong dan juga Senator ini juga sebagai tokoh yang merintis peletak pondasi awal rumah adat di Belitung. Dan ini, ungkap Hadi, dalam silatuhrahmi ini setidaknya perlu mendapat masukan hal yang berkaitan adat, budaya, Belitung.

Sementara itu, anggota DPD RI Ir. H. Darmansyah Husein menyambut baik berbagai masukan dan kinerja LAMBEL termasuk keberadaan guna pengembangan adat dan budaya di Kabupaten Belitung.

“Kita akan dukung untuk kemajuan Belitung yang lebih baik,” katanya.

Pada pertemuan tersebut, ada tukar informasi antara LAMBEL dan Senator Babel ini terkait saran dan masukkan perlunya muatan lokal tentang adat dan budaya dimasukkan dalam kurikulum sekolah, dan kaitan pembicaraan hukum adat di Belitung. *