Pelindo Regional 2 Tanjungpandan Gelar Kegiatan Media Visit Pelabuhan 2024 Bersama Sejumlah Media

sejumlah media mendapatkan gambaran tentang peran Pelindo Regional 2 Tanjungpandan dalam kegiatan kepelabuhanan, aktivitas operasional pelabuhan, distribusi logistik, dan persoalan K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja serta persiapan pelayanan angkutan lebaran 2024.

TANJUNGPANDAN: Hari ini, Rabu, 27 Maret 2024, Pelindo Regional 2 Tanjungpandan menggelar kegiatan Media Visit Pelabuhan Tanjungpandan, yang berlangsung di Ruang Rapat Regional 2 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ferrial Dunan Sidabutar, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero), serta kalangan media.

Dalam sambutannya, Ferrial Dunan Sidabutar menyampaikan bahwa acara Media Visit ini adalah wujud sinergitas antara Pelindo dengan media dalam upaya memperkenalkan Pelindo kepada masyarakat sebagai pelayanan publik.

Dihadapan sejumlah media, Dia juga memberikan gambaran tentang peran Pelindo Regional 2 Tanjungpandan dalam kegiatan kepelabuhanan, aktivitas operasional pelabuhan, distribusi logistik secara baik, dan k3 (kesehatan, keselamatan kerja) sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja /penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan dan defisiensi produktivitas kerja serta persiapan pelayanan angkutan lebaran 2024.

Terkait dengan suasana ramadhan masih tinggal dua minggu ke depan dengan seiring  pelayanan angkutan lebaran tahun 2024, Menurut Ferrial, seperti biasa di tahun -tahun sebelumnya juga tahun ini dilakukan posko bersama dari pelindo, kementerian perhubungan dan juga dukungan dari kepolisian dan instansi lainnya guna memberikan pelayanan publik selama lebaran tahun 2024.

IMG 20240327 211005
kegiatan Media Visit Pelabuhan Tanjungpandan, yang berlangsung di Ruang Rapat Regional 2 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Sementara itu, Dwi Yulianto Junior Manager SDM & Umum, dan Asep Mardiyana, Branch Manager PT Pelabuhan Tanjung Priok, serta Arifuddin, Plh. Junior Manager Komersial, Operasi & Teknik, juga turut menyampaikan informasi terkait dengan Pelindo dan kegiatan pelabuhan.

Arifuddin menjelaskan secara detail tentang struktur organisasi Pelindo, proses merger pelindo, kegiatan di pelabuhan, fasilitas terminal, dan pemenuhan pelayanan publik serta hal-hal lainya yang berkaitan teknis kepelabuhan.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan yang diajukan penting dari media, adalah mengenai kondisi alur yang dangkal sebagai lalu lintas kapal dan harapannya perlu dilakukan pengerukan agar tidak ada hal-hal yang diinginkan dikemudian hari karena arus lalu lintas ini sebagai lokomotif perekonomian daerah.

Ferrial Dunan Sidabutar, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah untuk menindaklanjutinya, namun Pelindo akan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.

Sedangkan, diakhir acara Ferrial  menyampaikan terima kasih kepada media atas kontribusinya dalam memberitakan Pelindo Regional 2 pasca merger yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2021 lalu. Dia berharap Media Visit ini menjadi kesempatan bagi media untuk lebih memahami dan menginformasikan kepada masyarakat tentang peran dan kegiatan Pelindo Regional 2 Tanjungpandan dalam mendukung perekonomian dan pelayanan publik. Semoga kerjasama antara Pelindo dan media terus berlangsung untuk kebaikan bersama.*