Home / Bangka Belitung / PRIBUMI YANG KULI
oleh : Didin El Mughniy

PRIBUMI YANG KULI

Bagikan :

Indonesia hanya kita bisa lihat dari bendera yang berkibar, selebihnya mungkin anekdot saja (itu mungkin). Dulu di tahun 70-80an pernah mendengar syair lagu tentang Indonesia yang subur makmur (dan itu tak bisa di sangkali)__katanya ; tongkat pun di tanah bisa tumbuh. Air ludah pun yang di buang akan menjadi sungai (perumpamaan). Tetapi sebagian itu adalah fakta.

Kandungan bumi Indonesia sepertiga dari kekayaan dunia. Mineral, bauksit, mineral, minyak, batu bara, emas, nikel, tembaga, timah, belum.lagi pertanian, perkebunan dan kekayaan hutan. Termasuk kandungan lautan, flora fauna serta potensi lainnya. Hal inilah bangsa ini dijajah karena kekayaannya.

____Indonesia sebagai negara kaya tentu menjadi incaran para dunia untuk masuk memberi pengaruh secara politik dan ekonomi. Dick Chiney direktur Post Washington Consensus dibentuk sebagai alat “kuasa” atas negara lainnya. Bisa di bilang kolonialisasi. Dalam diktum.konsensus tersebut PWC sebagai instrument politik negara Adi daya untuk mengikat negara¬≤ miskin, terjajah, dan akibat perang. Dengan begitu negara peminjam akan punya ketergantungan kepada negara pendonor.

Hal tersebut terlihat di banyak kasus, negara colaps akibat bencana dan perang—-maka tangan dingin negara kuat akan turun tangan memberi simpatik. Plus pinjaman negara. Indonesia hingga akhir ini hutang n gara m ncapai 6.000 Trilyun belum termasuk bunganya.

Dengan kondisi demikian, maka mau atau tidak dependensi ekonomi akan semakin kuat. Kalau ketergantungan ekonomi kuat maka sudah bisa dipastikan campur tangan urusan politik juga sangat sulit di elakkan. Lalu kalau demikian adanya di mana kedaulatan itu sebagai suatu bangsa?, Bukankah satu ciri sebuah negara adalah berdaulat.

Kedaulatan di era Soekarno menjadi kekuatan politik Indonesia terhadap negara luar. Sikap politik Indonesia—tergantung pemimpinnya.

Saat ini, pilihan terburuk menjadi bangsa yang kuat adalah menjadikan pribumi ya sebagai kuli di negeri sendiri. Kerusakan alam semakin tak terbendungi karena kepentingan oligarkhis di balik kekuasaan. Padahal Indonesia tidak.punya sejarah panjang tentang politik oligarkhis—-kenapa kita memilih di jalan itu?

Karena itu, sebagai suatu bangsa setidaknya kaum pribumi harus menjadi pribadi merdeka dan menjadi tuan rumah di rumah sendiri, bukan menjadi tamu___

Indonesia tetap menjadi Indonesia__sekalipun hanya secarik bendera merah putih tetap berkibar.

“Bila tak ada yang benar, maka tidak ada lagi yang bisa mengkritik kekuasaan” (Timothy Snyder).

#KitaTetapIndonesia
#Berkibarlah #Benderaku