Home / Bangka Belitung / Selamat Kampong di Desa Aik Pelempang Jaya Guna Mendukung Adat Istiadat Budaya serta Pariwisata Belitung
IMG_20221126_145009

Selamat Kampong di Desa Aik Pelempang Jaya Guna Mendukung Adat Istiadat Budaya serta Pariwisata Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Selamat Kampong yang bertempat di rumah kik Dukun Kampong Fadlie Sani, Desa Aik Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu 26 Nopember 2022.

Acara kegiatan ini dihadiri perangkat desa Aik Pelempang Jaya, jajaran BPD aik pelempang jaya, tokoh masyakat, tokoh adat dan warga masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya.

Acara selamat kampong ini dilakukan rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menjaga keselamatan warga dari segala musibah , bencana , mala petaka dan mara bahaya.
Adapun pelaksanaan acara selamat kampong dipimpin langsung Dukun Kampong. Berbagai rangkaian acara Selamat Kampong dimulai dengan Ritual Nyucor Aik Sembilan , dimana ritual tersebut berisi doa doa , yaitu Doa selamat, Doa tolak bala, Doa Rasul dan Sumpah Rasul.
Selamat Kampong dilakukan dengan tujuan untuk rasa syukur, serta menjaga masyarakat dalam satu kampong tersebut agar terhindar dari marabahaya, balak dan petaka. Hal ini masih sangat dipercayai oleh masyarakat dan ritual adat ini telah diberlakukan secara turun temurun.
Acara adat ini diberlangsungkan dengan mendoakan keselamatan masyarakat kampung dengan bermedia air dicampur dengan daun, biasanya disebut air kesalan, yang kemudian didoakan bersama oleh para petuah daerah yang dipimpin oleh dukun kampong.

Kades Aik Pelempang Jaya Rezali sampaikan bahwa pemdes Aik Pelempang Jaya sangat mendukung kegiatan ini, karena merupakan adat istiadat budaya Belitong

Apalagi, katanya sebagai daerah wisata, budaya merupakan even yang bisa dikemas untuk mendukung wisata Belitong
“Tusena merupakan program dari pemdes APJ, temanya sejarah , budaya dan kekinian, lokasinya ada di RT 01 tepatnya jalan selembat lama, namanya tusena Zwembad,” katanya.*