Senator Bangka Belitung Ir. H. Darmansyah Husein Dorong Kolaborasi Pariwisata dan UMKM untuk bangkitkan Ekonomi Belitung

Untuk membangkitkan UMKM dan ekonomi ke depan disamping memperkuat sektor pariwisata untuk penunjang daya beli, Senator Darmansyah juga mengajak semua sektor, baik instansi terkait maupun perusahaan, untuk berbelanja oleh-oleh di Galeri KUKM Belitung.

TANJUNGPANDAN:TRAWANGNEWS.COM:  Senator Babel yang juga anggota DPD RI, Ir. H. Darmansyah Husein, memimpin perbincangan menarik tentang keharmonisan antara UMKM dan pariwisata, sebagai kunci utama dalam membangkitkan ekonomi Belitung di masa depan.

Dalam diskusi yang melibatkan Kabid KUKM Dinas KUMPTK Belitung Budi Swasta SIP yang mewakili Kadis KUKMPTK, pimpinan Galeri KUKM Belitung Sulaiman Ikhsan, dan pelaku UMKM Miftahun, pada Rabu 10 Januari 2024, di Galeri KUKM yang beralamat di Jalan Sriwijaya Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, provinsi Bangka Belitung

Senator Darmansyah menyoroti peran sentral UMKM dalam memajukan pariwisata berbasis ekonomi kerakyatan.
Darmansyah, sebagai perintis Galeri KUKM Belitung, menyampaikan visinya menjadikan Belitung destinasi wisata unggulan dengan fondasi ekonomi kerakyatan.

IMG 20240111 083421
Senator Babel yang juga Mantan Bupati 2 periode Ir. H. Darmansyah Husein dan Budi Swasta SIP yang pernah menjadi ADC Bupati Belitung yang kini menjadi Kabid KUKM Pada Dinas KUMPTK Belitung

Disaat berdirinya Galery KUKM, Ia menguraikan langkah-langkah pendirian galeri ini adalah dalam rangka pemberdayaan UMKM dan koperasi, termasuk program kredit subsidi bunga sebagai langkah awal dalam memperkuat sektor ini.

“Ketika itu, saat dirinya menjadi bupati, saya masih ingat terobosan dari pemerintah daerah dalam mendorong produksinya, dengan memberikan modal dengan program guliran kredit subsidi bunga KUR Mikro di Bank Sumsel Babel Cabang .Tanjungpandan, agar para UMKM bisa bangkit. ini adalah upaya membangkitkan usaha kecil yang memang memerlukan bantuan pengembanganya,” kenang Darmansyah ketika itu.

Namun, pandemi Covid-19, menuju tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2022 lagi lagi memberikan tantangan serius pada UMKM dengan menurunnya daya beli.

Darmansyah, sebagai anggota Komite 4 DPD RI yang menangani UMKM, sempat turun langsung untuk melihat kondisi UMKM di masa pandemi covid dan mencari upaya agar UMKM tetap bertahan.

“Dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN), saya mendorong dana insentif kepariwisataan untuk mendukung UMKM, tidak hanya di Bali tetapi juga di daerah lain seperti Bangka Belitung. Waktu kita dari komite 4 DPD RI berbincang-bincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Akhirnya digelontorkan guliran dana insentif kepariwisataan. Implikasinya, di Bangka Belitung ada berbagai Program produk, bazar, dan pameran untuk menjadi langkah nyata dalam mendukung pariwisata dan UMKM,” tambahnya.

Setelah pasca covid, lanjut Darmansyah kini UMKM harus mulai digiatkan kembali yang seiring dengan pengembangan kepariwisataan.

“Alhamdulillah awal berdirinya Galeri KUKM tahun 2008 baru sebanyak 150 produk, sekarang sudah tercatat 2800 produk yang dihasilkan dari ribuan UMKM Belitung,” katanya.

Untuk membangkitkan UMKM dan ekonomi ke depan disamping memperkuat sektor pariwisata untuk penunjang daya beli, Senator Darmansyah juga mengajak semua sektor, baik instansi terkait maupun perusahaan, untuk berbelanja oleh-oleh di Galeri KUKM Belitung.

“Dengan belanja di galeri, ini memperkuat daya beli dan pendapatan. Dan kita ikut membangkitkan UMKM Belitung dan mendukung pertumbuhan sektor perekonomian. Dukungan semua pihak sangat penting untuk mengangkat usaha kecil dan menengah, menghidupkan sekitar 1200 orang pekerja dari sekitar 300 UMKM yang turut berkontribusi pada keberlanjutan perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Meski demikian UMKM kata Darmansyah diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu produk yang mampu bersaing, dalam berbagai hal mulai rasa, kemasan dan hal-hal lain yang bisa menjual produk tersebut.

Apalagi katanya, dengan baru dilantiknya Pj Bupati Belitung diharapkan dapat sejalan untuk menumbuhkembangkan sektor pariwisata yang bersinergi dengan UMKM.

Sementara itu, Pimpinan Galeri UMKM Belitung Sulaiman Ikhsan sampaikan bahwa galeri Belitung bersama senator mendirikan galeri sejak 2008 yang bertujuan sebagai promosi dan memasarkan produk sekaligus membentuk ekosistem agar UMKM terus bertahan sampai hari ini dalam menunjang pendapatan dan perekomian masyarakat

Sementara itu, Pelaku UMKM Jaya Miftahun sampaikan terima kasih atas dukungan senator Babel dan Dinas KUKMPTK Kab.Belitung dalam merintis galeri hingga kini eksis dalam mendukung sektor lapangan kerja dan memperkuat ekonomi kerakyatan.

PEMASARAN
Kabid KUKM Belitung Budi Swasta SIP dalam pertemuan bincang-bincang sampaikan terima kasih kepada Darmansyah Husein yang telah berjasa membangun galeri sejak tahun 2008 ini dan telah membuat terobosan dalam pengembangan UMKM.

IMG 20240111 083632
Senator babel Ir. H. Darmansyah Husein belanja produk di Galeri KUKM Belitung sebagai ajakan untuk semua pihak mendukung produk khas Belitung dan ikut mendorong pendapatan UMKM di Belitung.

Puncaknya 2014, ketika booming film laskar pelangi, omset yang diraih miliaran pertahun. Hanya memang, saat covid diakui omsetnya menurun akibat dampak covid-19.

Tentu saja, Upaya kita dalam membangkitkan UMKM, dengan berbagai cara memasarkan produk selalu ditampilkan dalam event-event acara nasional maupun internasional seperti G 20 dan WOA kemarin.

Begitu juga, pemasaran juga dilakukan dalam bentuk Kegiatan bazar baik lewat penyelenggaraan kegiatan melalui APBD maupun kegiatan even lewat non APBD (mandiri) serta kerjasama berbagai pihak lainnya dalam upaya memasarkan produk event UMKM. Termasuk, kerjasama dengan hotel-hotel di Belitung, bila ada event kegiatan untuk dapat diikutsertakan.*