Home / Bangka Belitung / Sukses Tour De Belitong 2021, Harapan di Tahun Depan Bisa Digelar Kembali

Sukses Tour De Belitong 2021, Harapan di Tahun Depan Bisa Digelar Kembali

Bagikan :

SIJUK: Tour De Belitong 250km 30 Oktober 2021, telah usai digelar, dengan start dari Sheraton dan Finis Kampong Dedaun di Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

230 pesepeda yang pesertanya dari seluruh wilayah Indonesia. Banyak harapan dari peserta agar kembali digelar di tahun mendatang.

Sebab itu, panitia Tour De Belitong terdiri dari Kusumah Kosasih, Dedy Suherman, Hermansyah dan Doni Indratno, Rustam Effendie ucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mensukseskan acara tour de Belitong

Diantaranya, kepada
Pak Sahani Saleh (Bupati Belitung) dan Pak Burhanudin (bupati Beltim), yang merupakan dua petinggi di dua kabupaten di Belitung.

Tidak sekedar memberikan Surat Rekomendasi, tetapi kedua Bupati benar-benar menggerakkan SKPD untuk membantu terselenggaranya TourDeBelitong 2021. Dukungan kendaraan, fasilitas kesehatan dan emergency, perangkat prokes Covid-19, perangkat olahraga dan dukungan luar biasa untuk acara penutupan berupa perangkat pertunjukan dan pertunjukan hiburan.

Begitupun, pihak panitia angkat tangan dua jempol untuk Pemda Belitung dan Belitung Timur.

Ucapan terima kasih, kepada Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan pun bersedia memberikan dukungan dengan video testimonial mengajak para pesepeda untuk ikut TourDeBelitong 2021.

Tak hanya itu, ucapan Ketua IKMB Zulkifli Umar juga turut membantu kegiatan promosi dengan dua baliho besar di Tugu Satam dan Bandara, serta dukungan perangkat panggung penutupan.

Dan dukungan Radio BFM 104.6 dalam menyiarkan rencana Tour De Belitong juga membuat acara ini dikenal masyarakat.

Panitia juga berikan dukungan yang luar biasa juga kami dapatkan dari jajaran kepolisian Polda Bangka Belitung, Polres Belitung dan Polres Belitung Timur. Ini terbukti dari testimony para peserta yang merasa sangat aman karena pengawalan yang konsisten sepanjang rute 250km dari petugas keamanan, dan selalu ada petugas di setiap perempatan. Tak heran mereka bilang “ini gowes sultan”, sambutan istimewa sebagai goweser yang hanya mereka dapatkan di Belitung. Bahkan Kapolda Bangka Belitung turut terjun ke lapangan menyambut peserta dengan mengibarkan bendera start.

Tidak hanya itu dukungan luar biasa dari jajaran Dir Intel Polda Babel, BPBD Babel dan BPBD Kabupatan Belitung serta KONI Propinsi Bangka Belitung dalam proses pengurusan perizinan yang super cepat sampai ke Mabes Polri adalah bukti bahwa semua elemen pemerintahan Bangka Belitung mendukung penuh pelaksanaan TourDeBelitong.

Salah seorang panitia Rustam Effendi, akui dari semua dukungan tersebut, yang sangat mengharukan buat saya pribadi adalah dukungan masyarakat di tempat-tempat pitstop.

“Saya merinding melihat sambutan masyarakat Desa Pelulusan, Desa Lenggang, SDN 8 Simpang Renggiang dan Desa Buluh Tumbang. Dukungan mereka benar-benar nyata, ikut menguras keringat mempersiapkan sarana pitstop berupa tenda, kursi, tempat menaruh sepeda, sarana MCK dan sajian jajanan yang berlimpah. Di Belitung, Pak Sanem melepas start dan Pak Isyak Meirobie menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Sementara di Belitung Timur Pak Burhanudin melepas start dari Sekolah Laskar Pelangi didukung oleh sigapnya Pak Evi Nardi (Kadis Pariwisata Kabupaten Beltim) yang datang langsung ke 3 pitstop di Pelulusan, Sekolah Laskar Pelangi dan SDN8 Simpang Renggiang untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar,”ungkapnya.

Terakhir, panitia juga berterima kasih ke bandara HAS Hananjoeddin, hotel Santika Premier Belitung dan Sheraton Belitung turut membuat acara ini sukses. Tetapi semua kesuksesan tidak akan terjadi tanpa jerih payah para RC (Road Captain) dengan jersey warna hijau memandu para peserta – semuanya berasal dari Belitung – , dukungan para marshal motor (Motorist), team medis dari dinas kesehatan Belitung dan Belitung Timur, para driver kendaraan dari Pemda Belitung dan Belitung Timur, para bujang dayang Belitong, para penari, pembawa acara Alex Sem Sem dan hiburan oleh Billy Bel.

Dan terakhir team panitia, walau mungkin banyak yang menyangka ini adalah bisnis, tapi secara jujur saya katakan ini adalah pengabdian. Keuntungan dari semua ini adalah nama baik (reputasi), untuk Belitung dan juga Panitia, bahwa kita bisa menyelenggarakan Event Tour Roadbike dengan sukses di Pulau Belitung.

Sementara itu, panitia lainnya Kusumah sampaikan sampaikan Mohon maaf jika ada kekurangan.
“Semoga event TourDeBelitong selanjutnya bisa kita laksanakan di Belitong,” katanya.

Diakhir kata, Ketua Panitia Dedy Suherman berharap semoga kegiatan tour de Belitong terima kasih kepada semua komponen masyarakat dan sejumlah pihak dalam mendukung acara itu dan bisa memacu pariwisata di Belitung.

Sebagai masukan, yang diperoleh dari berbagai komentar, diantara para peserta Tour De Belitong 250km 30 Oktober 2021, sampai selesai tidak terdengar ada keluhan dari para peserta bahkan ada testimonial dari para peserta yang mengistilahkan Tour De Belitong dengan “Gowes Sultan” , karena disamping medan yang menantang, penyelenggaraan yang istimewa adalah keunggulan TourDeBelitong, berbeda dengan Tour di tempat-tempat lainnya.

Keistimewaan Belitung sebagai tujuan bersepeda ada pada kualitas jalan, sepinya lalu lintas, pemandangan indah dan rute yang menantang baik jarak maupun kontur yang istilahnya Rolling. Tapi yang tidak kalah istimewa adalah pelaksanaan Tour De Belitong itu sendiri yang tidak hanya dilaksanakan oleh panitia tetapi oleh seluruh elemen masyarakat Belitung. Ini mendapat banyak sekali pujian oleh para peserta. Sukses Tour de Belitong.*