Home / Bangka Belitung / 50 Nelayan Ikuti Bimtek Kecakapan Nelayan di Kalaju Suak Gual
IMG_20220822_163415 (1)

50 Nelayan Ikuti Bimtek Kecakapan Nelayan di Kalaju Suak Gual

Bagikan :

SELATNASIK: 50 nelayan ikuti bimtek (bimbingan teknis) kecakapan nelayan di kalaju (kampung nelayan maju) Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, baru-baru ini.

Acara kegiatan bimtek ini dengan penyelengaranya dari direktorat kapal perikanan dan alat tangkap perikanan KKP RI, yang dihadiri Angga Nugraha SPI, ME SM dari Subkoordinator kelompok standarisasi dan sertifikasi awak kapal perikanan dari Direktorat KKP RI, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung yang diwakili Kabid Perikanan Tangkap Ade Winarko, S.STPi, kepala PPN Tanjungpandan Arif Usman SPi, MSi, Penyuluhan Perikanan Ani Saputra SPi, Kades Suak Gual Hairudin, dan 50 nelayan

Acara bimtek ini diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung yang diwakili Kabid Perikanan Tangkap Ade Winarko, S.STPi, yang selanjutnya kegiatan bimtek ini dibuka kepala PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Tanjungpandan Arif Usman SPi, MSi,.dengan narasumber pelatihan adalah Yovan Aspirandi S.St, Pi, MPi.

IMG_20220822_163605

Pada bimtek ini Yovan Aspirandi S.St, Pi, MPi. Memberikan materi pertama pengetahuan dasar pelayaran dan operasi penangkapan ikan yang terdiri dari keselamatan saat pelayaran dan penangkapan ikan, benda-benda navigasi, prosedur menentukan lokasi kapal, desain/perakitan dan perawatan penangkapan ikan, peraturan perikanan tangkap, penggunaan log book penangkapan ikan, daerah dqn musim penangkapan ikan.

Sedangkan materi kedua adalah pengenalan keselamatan kerja dan pertolongan pertama pada kecelakaan yang terdiri dari resiko kerja pada kapal perikanan, kondisi geladak kapal perikanan untuk keselamatan kerja, pencegahan kebakaran, tindakan keselamatan dini dan stabilitas kapal perikanan.

Diharapkan, dengan pelatihan bimtek ini untuk meningkatkan kompetensi bagi nelayan dan awak perikanan dalam kegiatan penangkapan ikan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan tersebut.*