Home / Bangka Belitung / Begalor Bersama Senator Darmansyah Husein di Warkop Janggut
IMG_20220116_151600

Begalor Bersama Senator Darmansyah Husein di Warkop Janggut

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Sembari ke Belitung, anggota DPD RI Ir. Darmansyah Husein menyempatkan mampir ke Warkop (warung kopi) Janggut, di Kelurahan Parit, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu malam, 15 Januari 2022.

Bupati yang menjabat dua kali Bupati Belitung ini hadir di warkop Janggut dan menikmati sajian minuman Wedang Jahe buatan khas warkop janggut. Tokoh pembangunan Belitung ini terlihat asik begalor dengan Diran, sang pemilik Kopi Janggut, yang sekaligus “jagonya” berpuisi. Itulah sebabnya, dimalam itu, Senator Darmansyah Husein melekatkan warkop janggut ini sebagai tempat Bengkel puisi.

Diran pun tak menampikkan hal itu. Menurut Diran, ada sekitar 150 buah puisi yang telah dibuat atau diproduksi dan siap untuk diterbitkan.
Bahkan uniknya, di setiap sisi ruangan di warkop janggut tersebut ada tertulis untaian puisi, yang berisi makna nasehat, imbauan dan motivasi.

Dan malam itu, Darmansyah yang merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini membawakan sebuah puisi, sebagai bentuk dukungan atas upaya Diran dalam mengelorakan puisi.

Di kesempatan itu, Mirza Dallyodi, anggota DPRD Kabupaten Belitung pada malam itu hadir di Warkop Jangut sembari menikmati minuman kopi susu.

Mirza pun tak bisa menolak ketika diminta senator untuk membawakan sebuah puisi.

Begitu juga, malam itu, Presiden Republik Kelekak Fithrorozi ikut nimbrung dan menemani sang Senator dan menyumbangkan lagu disamping berkelakar dengan anggota DPD ini untuk ikut berkisah tentang kebelitongan, sembari bercanda maupun beguyon ala Belitung.

Dalam suasana menikmati suguhan “goreng menggale” dan pempek, mie rebus Belitung serta aneka minuman yang disediakan warkop janggut, Diran membawakan sebuah puisi sebagai tamu spesial, senator Ir. H. Darmansyah Husein, yang hadir ke Warkop Janggut.

Seperti ini puisi, yang disampaikan malam itu,

“Sebut namaku Darmansyah Husein
Sebut…sebut… sebut…
Bapakku…bapak ku
Babel.. babel ..babelku

Kunaikkan kau di tiang
Layarku dengan ribuan klasi menuju anjungan

Ku nobatkan kau menjadi pelayar mengarungi samudra
Nan luas di sapta kota-kota ku

Kau bapakku, kau adalah guruku
Kau bukan memancang kekuasaan
Kaulah bintang gemilang
menerangi tujuh samudra Wisata dunia.

Atas dikumandangkan puisi untuk Senator, sang pemilik warkop janggut mendapat riuh tepuk tangan yang bergema dan yel yel hidup pak Darmansyah Husein.

Saat menyampaikan pesannya, Darmansyah pun memuji Diran, pemilik warkop janggut kepiawaiannya dalam berpuisi dan mengajak terus berkarya.

Malam itu, selain penikmat warkop Janggut, rupanya hadir keluarga besar cakraningrat yang ikut bersilatuhrahmi dengan Wakil Ketua Komite 4 DPD RI tersebut.
Suasana santai dan rilek dalam wadah silatuhrahmi ini begitu mengemuka dengan sajian alunan musik yang membuat suasana semarak mengantarkan kehadiran senator di Warkop Janggut. Apalagi, tampilnya sosok penyanyi senior kawakan Belitung Zaidar, yang membawakan lagu-lagu khas hingga membuat terpukau yang hadir pada malam itu. Semarak silatuhrahmi Senator Darmansyah Husein. Begitu juga sukses buat Diran, sang pemilik Warkop Janggut dan terus berkarya untuk Belitung lebih baik.*