Capaian Kinerja Pembangunan Pemerintah Desa Perawas selama tahun 2023: Begini Kata Yahya SE,

Yahya bersyukur saat ini dengan peningkatan PADES (pendapatan asli desa) yang sangat sifnifikan, dan selama ini dipergunakan atau diperuntukkan dalam hal membantu masyarakat maupun belasungkawa atau meninggal dunia, masyarakat yang sakit untuk berobat keluar kota, dan beasiswa masyarakat yang kurang mampu untuk kuliah.

TANJUNGPANDAN -TRAWANGNEWS.COM:  Tahun 2023 membawa angin segar bagi Pemerintah Desa (Pemdes) Perawas yang dipimpin oleh tokoh energik, Yahya SE. Capaian luar biasa dan inovasi dalam berbagai sektor menandai perjalanan pembangunan desa yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan menjadi sorotan utama, di mana Yahya SE dengan mantap meluncurkan program beasiswa untuk anak-anak pelajar kurang mampu dari SD hingga SMA/SMK. Program ini, yang sudah berjalan sukses selama tiga tahun, tidak hanya memberikan dorongan positif bagi pendidikan tetapi juga menjadi tumpuan harapan bagi warga yang anaknya tak mampu tinggal di Desa Perawas.

IMG 20240101 064605
Rangkaian kinerja perjalanan pembangunan desa yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat

Selain itu, pemdes perawas juga bekerjasama dengan perguruan tinggi, institut Sain Bogor. Kerjasama ini guna pemberian beasiswa bagi warga pelajar tak mampu namun berprestasi khususnya di desa perawas.

Sementara itu, upaya pemdes tidak hanya terbatas pada pendidikan. Yahya SE juga memfokuskan perhatian pada pengembangan budaya dengan memberdayakan Rumah Adat Melayu sebagai Pusat Kreativitas masyarakat. Kegiatan Beruah Massal Desa Perawas menjadi daya tarik untuk memperkuat gotong royong dan mendukung sektor pariwisata di Belitung.

Dalam langkah proaktif di bidang sosial, Pemdes Perawas di bawah kepemimpinan Yahya SE membuka lahan pemakaman baru di Dusun Aru 1. Tindakan ini tidak hanya mencerminkan pemenuhan fisik tetapi juga menjadi wujud kepedulian terhadap kebutuhan sosial masyarakat.

Pentingnya pengembangan keterampilan lokal pun tidak terlewatkan. Melalui pelatihan tenaga kerja, pemuda Desa Perawas diajarkan kerajinan anyaman bambu dan pembuatan kolam berbahan fiber. Yahya SE berharap inisiatif ini tidak hanya memberikan keterampilan baru tetapi juga meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Dalam mendukung ketahanan pangan, Pemdes Perawas tidak hanya memberikan pelatihan di bidang perikanan air tawar, tetapi juga menggelar kegiatan syiar dakwah. Penyerahan bantuan peralatan keagamaan kepada pengelola masjid Sabilul Falah menjadi bukti konkret kepedulian Pemdes Perawas di bidang syiar.

Bukan hanya itu. Pemberdayaan usaha ternak, merupakan salah satu upaya penciptaan lapangan baru di masyarakat sekaligus menumbuhkembangkan wirausaha bagi kalangan pemuda dan masyarakat.
Pemerintah Desa Perawas menunjukkan komitmennya dalam memerangi penyakit Kaki Gajah dengan mengadakan kegiatan pemberian obat kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemdes Perawas dan Puskesmas Perawas, bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut sedini mungkin.
Kepala Desa Perawas, Yahya SE, membenarkan kegiatan ini sebagai bagian program kesehatan di wilayahnya. Dia juga menekankan pentingnya pemantauan kesehatan masyarakat sebagai tanggung jawab moral.

Yahya bersyukur saat ini dengan peningkatan PADES (pendapatan asli desa) yang sangat sifnifikan, dan selama ini dipergunakan atau diperuntukkan dalam hal membantu masyarakat maupun belasungkawa atau meninggal dunia, masyarakat yang sakit untuk berobat keluar kota, dan beasiswa masyarakat yang kurang mampu untuk kuliah.

Dan Tidak menutup kemungkinan di tahun ke depan apabila PADES (pendapatan asli desa) meningkat terus akan di lakukan program religi berupa umroh atau haji bagi masyarakat desa perawas dari tokoh agama desa yang dianggap layak untuk mendapatkannya.

IMG 20240101 064910
perjalanan pembangunan desa yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat

Sebab itu, Yahya SE, dengan penuh semangat, menyatakan bahwa capaian gemilang tahun 2023 hanyalah fondasi bagi terobosan lebih besar di masa mendatang.

Pemdes Perawas, di bawah komitmen dan kepemimpinan yang gigih dari Yahya SE, berkomitmen untuk terus melangkah maju, membawa harapan dan perubahan positif bagi masyarakatnya.

Wajar saja, pemdes perawas kini ditetapkan salah satu sebagai desa Mandiri tahun 2023, dari pemerintah provinsi Bangka Belitung.

Selamat tahun baru 2024, dan terus berkarya untuk membangun daerah.