Cek Capaian Produksi, Penyuluh Tinjau Usaha KUB Harapan Maju Selat Nasik

SELATNASIK: Hari ini Kamis 18 Juni 2020, prnyuluh perikanan bantu wilayak kerja Kecamatan Selat Nasik, Ani Saputra SPI, tinjau sekalian pembinaan ke kelompok usaha bersama (KUB) Harapan Maju di Desa Selat Nasik, Kec Selat Nasik, Belitung.

Adapun peninjauan tersebut berupa monitoring penggunaan kapal 1 GT, dan sekaligus pengecekan data produksi hasil tangkapan ikan dari KUB.

Saat dilapangan penyuluh diterima Sekretaris KUB Harapan Maju Bastoni dan menjelaskan kegiatan penangkapan selama ini dijalankan.

Kepada penyuluh, Bastoni sampaikan bahwa kapal bantuan kapal 1 GT sudah dimanfaatkan olehnya dan hasil pendapatan meningkat karena sebelumnya nelayan menggunakan sampan tanpa mesin dan tidak memiliki kapal untuk mencari ikan jadi tidak bisa melaut jarak jauh hanya sekitar perairan selat Nasik”Jadi penghasilan pendapat berkurang,” katanya.

IMG 20200618 WA0011
Bsstoni uraikan bahwa hasil tangkapan kelompok usaha bersama harapan maju alami peningkatan. Dia bercerita bahwa produksi kelompok bulan februari jumlah produksi 596 kg perbulan dan pendapatan kelompok Rp 11.007.800 perbulan. Sedangkan bulan Maret jumlah produksi kelompok 820 kg perbulan dan pendapatan kelompok Rp 14.800.000. Selanjutnya, bulan April jumlah produksi kelompok 920 kg perbulan dan pendapat kelompok Rp.15.200.000 perbulan dan bulan Mei produksi kelompok 10120 kg dan pendapat kelompok Rp 25.600900 perbulan.

Bastoni, ucapkan terima kasih kepada dinas perikanan yang sudah membantu nelayan pesisir yang sebelumnya tidak punya sampan akhirnya punya kapal 1 GT dapat meningkatkan hasil pendapatan nelayan.

Ia juga ungkapkan terima kasih kepada penyuluh perikanan selalu memberikan pembinaan kepada kub harapan maju tentang solusi dan masuk kan untuk Agar kub bisa meningkatkan pendapatan dan selalu ajari cara pengisian buku administrasi kelompok kub.

“Tanpa ada penyuluh perikanan nelayan tidak paham tentang pentingnya berkelompok untuk mengembangkan usaha bersama, kalau berkelompok bisa tukar pikiran dengan anggota kelompok,” katanya.*