Dari Guru Hingga Kepala Sekolah, Samad S.M.: Perjalanan yang Menginspirasi di Dunia Pendidikan dan Politik

Namun, kisah inspiratif Samad tidak berhenti di sana. Meski sudah memasuki dunia politik sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung pada periode 2009-2014, Samad tetap setia mengabdikan diri di sektor pendidikan.

TANJUNGPANDAN: TRAWANGNEWS.COM: Hari ini tanggal 25 Nopember 2024, bukan hanya momentum Hari Guru biasa, tapi juga menjadi catatan berharga bagi Samad S.M, seorang pria yang melalui perjalanan luar biasa dari dunia pendidikan hingga dunia politik.

Sejak tahun 2003, Samad S.M telah merintis karirnya sebagai seorang guru, sebuah panggilan berat yang hanya dapat diemban oleh mereka yang memiliki keilmuan dan dedikasi yang luar biasa.

Mengawali karirnya sebagai guru profesi yang menyenangkan, ia bahkan pernah menjadi tutor paket A, B, C di dusun Mempiu, Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, tempat di mana ia dilahirkan.

Namun, kisah inspiratif Samad tidak berhenti di sana. Meski sudah memasuki dunia politik sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung pada periode 2009-2014, Samad tetap setia mengabdikan diri di sektor pendidikan.

Duduk di kursi wakil rakyat pada komisi 3, ia membidangi salah satu sektor krusial, yaitu pendidikan. Samad pun tak menyia-yiakan jabatan amanah tersebut. Ia pun mendesak, agar guru honor dan guru swasta, diberikan insentif. Buahnya pun berhasil. Samad berhasil memasukkan anggaran insentif, hingga dinikmati para guru dalam menopang mobilasi di dunia pendidikan.

Bahkan ditengah giatnya pemerintah mengaungkan sektor wisata, Samad pun memperjuangkan adanya SMK pariwisata. Pembentukan sekolah ini adalah untuk mendukung belitung sebagai distinasi wisata. Dan bamyak lago kegiatan pengawasan lainnya sebagai wakil rakyat.

Pada tahun 2021, perjalanan karirnya mencapai puncak ketika ia dilantik sebagai Kepala Sekolah SMK Yaperbel 2. Sebagai seorang pendidik dan pemimpin, Samad terus membawa semangat dan dedikasinya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inspiratif dan berkualitas.

IMG 20231125 013338
Mrnjadi seorang guru, sebuah panggilan berat yang hanya dapat diemban oleh mereka yang memiliki keilmuan dan dedikasi yang luar biasa.

Perjalanan Samad S.M dari seorang guru hingga kepala sekolah, melibatkan keterlibatan aktif dalam dunia politik, adalah bukti bahwa pendidikan dan kepemimpinan tidak saling bertentangan.

Sebaliknya, mereka dapat saling melengkapi, membentuk sosok yang tidak hanya mencerdaskan generasi muda, tetapi juga turut berkontribusi dalam pembangunan masyarakat. Samad S.M, seorang pionir yang memadukan kecintaan pada pendidikan dan tanggung jawab politik dengan begitu harmonis.

Selamat hari guru nasional. Jadilah guru yang selalu menginspirasi murid untuk maju.