Home / Bangka Belitung / Di Suak Gual, Bank Sumsel Babel Sosialisasi Program Usaha Kampung Nelayan

Di Suak Gual, Bank Sumsel Babel Sosialisasi Program Usaha Kampung Nelayan

Bagikan :

SELATNASIK: Bank Sumsel Babel lakukan sosialisasi berbagai program untuk mengembangkan usaha di Kampung Nelayan Maju Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung. diantaranya pengembangan usaha ice flack dan usaha penjualan solar untuk nelayan SPDN Mini.

Pada acara sosialisasi ini hadir pimpinan Bank Sumsel Babel Ardi Rada Putra, Camat Selat Nasik diwakili kasi trantibun dan pelayanan Arjono, penyuluh perikanan Ani Saputra SPI, perangkat desa Suak Gual dan nelayan yang tergabung dalam KUB (kelompok usaha bersama).

Adapun sebagai moderator acara tersebut dari Camat Selat Nasik yang diwakili Kasi Trantibun dan pelayanan Arjono yang memfasilitasi nelayan tergabung dalam KUB Suak Gual.

Sementara itu, penyuluh perikanan Kecamatan selat nasik berterima kasih Ani Saputra SPI kepada bank sumsel Babel dapat mensupport program kampung nelayan maju di Suak Gual.

Ini lantaran kata Ani Saputra SPI, Suak Gual sangat berpotensi sektor perikanan dan kelautan dan dapat membantu program kampung nelayan maju seperti pengembangan usaha ice flack dan usaha penjualan solar untuk nelayan SPDN Mini.
“Apalagi Suak Gual ditetapkan sebagai percontohan kampung nelayan maju dari kementerian perikanan yang terpilih dari 34 provinsi di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Bank sumsel Arzi Raza Putra berdiskusi langsung dengan nelayan di Suak Gual tentang kendala dan permasalahan saat ini.

Menurut Arzi, Bank sumsel akan membantu upaya pengembangan usaha ice flack dan usaha penjualan solar untuk nelayan (spdn mini) namun sebelumnya diharuskan terlebih dahulu membentuk koperasi di desa suak gual.

“Nantinya akan dibantu dana KUR atau dana CSR untuk mengembangkan usaha di suak gual lewat koperasi berbadan hukum. Dan
Saat ini pihak bank sumsel Babel tunggu terbentuknya koperasi dan akta koperasi. Karena untuk kembangkan usaha ice flack dan usaha penjualan solar untuk nelayan SPDN Mini.
harus dana besar dan bangun pemasangan listrik sangat besar dan bank siap mensuport hal tersebut,” katanya.