Home / Bangka Belitung / Doa Keselamatan Diatas Kapal Fiber, 2 KUB Di Kampung Nelayan Maju Gelar Ritual Selamatan Secara Adat
IMG_20221204_143138

Doa Keselamatan Diatas Kapal Fiber, 2 KUB Di Kampung Nelayan Maju Gelar Ritual Selamatan Secara Adat

Bagikan :

SELATNASIK: KUB (Kelompok Usaha Bersama) Karang Kapal dan Karang Kik Sehat lakukan kegiatan selamatan secara adat terkait kapal Fiber yang baru diterima bantuan dinas perikanan untuk dioperasikan, baru baru ini, yang bertempat diatas Kapal Fiber, Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Sukandi dari KUB karang Kapal dan Rebuin dari KUB Karang Kik Saat ditemui media ini membenarkan adanya kegiatan selamatan secara adat. Kedua KUB ini mendapatkan bantuan kapal fiber dari Dinas Perikanan Kabupaten Belitung.

Tentu saja, sebelum dioperasikan, dua KUB ini lakukan kegiatan selamatan secara adat, yang dipimpin pemangku adat di Suak Gual.

Adapun selamatan adat ini sudah dilaksanakan secara turun temurun oleh nelayan ketika berbagai kegiatan kenelayanan termasuklah kapal baru yang hendak dioperasikan.

IMG-20221204-WA0095

“Setelah diselamatkan secara adat, baru kapal tersebut dioperasikan untuk kegiatan melaut. Ini tak lain untuk menjaga keselamatan saat melaut,” kata Sukandi.

Sementara itu, Kedua KUB ini ucapkan terima kasih kepala dinas perikanan kabupaten Belitung selalu mensuport program kegiatan di Kalaju (Kampung Nelayan Maju) Untuk para nelayan melakukan aktivitas penangkapan ikan.

“Terima kasih juga kepada penyuluh perikanan yang mendampingi nelayan di Kalaju baik dalam pembinaan kelompok dan mengusulkan bantuan nelayan yang ada di Kalaju Suak Gual,” kata Sukandi.*