Home / Bangka Belitung / Festival Pangkallalang 3 Tulak Bale Resmi Dibuka Bupati Belitung
IMG_20220613_120137

Festival Pangkallalang 3 Tulak Bale Resmi Dibuka Bupati Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Festival Pangkallalang 3 Tulak Bale hari ini Senin, 13 Juni hingga 17Juni 2022, dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos yang bertempat di halaman kantor kelurahan pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Adapun tema yang diusung dalam acara kegiatan festival ini adalah menuju masyarakat selamat,sehat dan Sejahtera.

IMG_20220613_115913

Hadir diacara festival pangkal lalang ini Wakil Ketua DPRD Belitung Budi Prasetyo,  Anggota DPRD Belitung diantaranya Samsir Sinjai,Syukri Gumay,  Sekda Belitung MZ Hendra Caya MSi, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung Drs. H. Abdul Hadi Adjin, Kepala dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu dan perindustrian kabupaten Belitung Nurman Sunanda SE, MM, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Belitung Kasimin, S.IP, MAB, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Wigman WS, SH, M.Si, Camat Tanjungpandan Sanwani, Kabag Sosial Pemkab Belitung Drs. Fari, Sekretaris Dispora Belitung Achmad Ridwan S,Si , MT, , Kabid KUKM pada Dinas KUMPTK Belitung Budi Swasta SIP,  Lurah Pangkal Lalang M Lusin Kuswantoro S.IP, Ketua Lembaga Adat Melayu Kecamatan Tanjungpandan Sofwan AR, Danramil Tanjungpandan, Polsek Tanjungpandan, Babinkamtibmas Kelurahan Pangkal Lalang, Babinsa, serta undangan lainnya.

Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos, sampaikan apresiasi acara kegiatan festival ini dan mendukung upaya pelestarian adat, dan budaya Belitung yang sejalan program wisata yang dikembangkan di pulau Belitung serta seiring pemerintah daerah mencanangkan satu desa satu destinasi wisata sebagai upaya pengembangan ekonomi masyarakat di Belitung.

IMG_20220613_120755

Sementara itu, Lurah Pangkal lalang M Lusin Kuswantoro S.IP, sampaikan terima kasih yang hadir diacara ini dan kegiatan festival ini sudah dilaksanakan ketiga kalinya.

“Rencananya festival ini  awal maret 2022 dilaksanakan, namun karena kondisi covid akhirnya baru dapat dilaksanakan pada Juni 2022,” katanya.

Ia juga menyebutkan selain festival digelar kegiatan yang bernuansa adat dan budaya ini juga dirangkai dengan stand Gerai Kerisi berupa pemberian pelayanan NIB (nomor induk berusaha) untuk pelaku usaha yang merupakan kerjasama dengan instansi terkait dalam hal pembuatan atau pendaftaran NIB serta integrasi kembali NIB dan juga pelayanan dibuka Gerai bagi masyarakat yang ingin vaksin.

Berbagai acara yang akan disuguhkan dalama festival tulak bala tersebut sesusi dengan jadwal yang telah ditetapkan panitia.

Pada tanggal 13 Juni 2022 acaranya diantaranya peninjauan bazar dan program kerisi Pemda Belitung, lomba penyajian makan bedulang, makan bedulang bersama yang didahului dengan pembacaan doa tolak bala, pertunjukan hiburan, lomba nyanyi lagu daerah khusus putra.

IMG_20220613_120019

Pada tanggal 14 Juni 2022, acara kegiatan berupa Bazar, rembuk adat lembaga kelurahan , lomba manggang ikan bumbu, lomba nyanyi lagu daerah khusus putri.

Pada tanggal 15 juni 2022 acaranya berupa Bazar, rembum kekarangtarunaan, lomba mewarnai untuk anak PAUD, TK, SD (kelaa 1 sampai kelas 3), lomba bepantun.
Sedangkan pada tanggal 16 Juni 2022 acaranya berupa Bazar dan petunjukan hiburan

Dihari terakhir pada tanggal 17.Juni 2022 acaranya berupa Bazat, jalan sehat bersama, pertunjukan hiburan, penutupan.*