Home / Bangka Belitung / Flake Ice Machine, Bantuan KKP RI untuk KUB Mendanau Sejahtera Rusak

Flake Ice Machine, Bantuan KKP RI untuk KUB Mendanau Sejahtera Rusak

Bagikan :

SELATNASIK: Flake Ice Machine Kapasitas 1,5 Ton/hari Bantuan dari KKP RI untuk KUB Mendanau Sejahtera Mengalami Kerusakan.

Flake Ice Machine Kapasitas 1,5 Ton/hari yang berada di Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik merupakan peralihan dari Koperasi Nelayan Maju Bersama, Kecamatan Tanjungpandan.

Pada awal uji coba, Flake Ice Machine dapat menghasilkan flake ice sebanyak 200 kg/hari. Uji coba ini hanya berlangsung selama 5 (lima) hari karena terdapat kendala pada listrik dan mesin genset. Menurut Mashabi (Ketua KUB Mendanau Sejahtera), Flake Ice Machine awalnya dapat  beroperasi dengan baik.  Namun setelah beralih dari aliran listrik PLN ke mesin genset,  es yang dihasilkan tidak beku.

Mengetahui permasalahan yang terjadi pada Flake Ice Machine di Desa Suak Gual, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung melakukan monitoring dan pendampingan kepada pengelola KUB tersebut.  Kabid Usaha Perikanan, Susanto S.Pi, M.Si  dan Kasi Peningkatan Daya Saing Hasil Perikanan, Ana Chandra Sari, S.Pi didampingi penyuluh perikanan Kecamamatan Selat Nasik, Ani Saputra meninjau langsung ke lokasi Flake Ice Machine di Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik untuk berkoordinasi langsung dengan Ketua KUB dan pengelola Flake Ice Machine terkait langkah-langkah yang sudah dilakukan dan tindak lanjut terhadap permasalahan teknis pada Flake Ice Machine tersebut.

Berdasarkan hasil kunjungan dan monitoring tersebut, pihak Dinas Perikanan Kabupaten Belitung akan menindaklanjuti permasalahan-permasalahan yang terjadi dan menyampaikan Laporan Monitoring Pemanfaatan Bantuan Pemerintah berupa Flake Ice Machine Kapasitas 1,5 Ton/hari pada KUB Mendanau Sejahtera ke Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta.

Mashabi sangat berharap permasalahan-permasalahan teknis yang terjadi segera ada solusinya sehingga Flake Ice Machine dapat kembali beroperasi dan memproduksi es untuk memenuhi kebutuhan nelayan di Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik.*