Home / Bangka Belitung / JELANG SELEKSI PASKIBRAKA, PPI BELITUNG GELAR LATGAB PASKIBRA SEKOLAH
IMG_20220206_203650

JELANG SELEKSI PASKIBRAKA, PPI BELITUNG GELAR LATGAB PASKIBRA SEKOLAH

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Untuk memberikan Pendalaman materi dalam Seleksi Paskibraka di Kabupaten Belitung, Pengurus Kabupaten Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung menggelar Latihan Gabungan (Latgab) Paskibra Sekolah Tingkat SMA – Sederajat se Kabupaten Belitung Sabtu (5/2/2022).

Sebanyak 294 Peserta berkumpul di GOR Tanjungpandan untuk menerima berbagai Materi dari Narasumber yang telah disiapkan Panitia.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia mengundang Narasumber yang merupakan Mantan Pelatih dan Tim Seleksi Paskibraka di Kabupaten Belitung yaitu Serma Rachmad dari Lanud HAS Hanandjoeddin dan M. Yunus dari Pengurus Kabupaten PPI Belitung. Materi yang diberikan seputar Tes Kesamaptaan dan Peraturan Baris Berbaris. Para peserta sangat antusias bertanya dalam sesi tanya jawab, diakhir kegiatan Panitia memberikan penghargaan kepada masing peserta terbaik putra dan putri. Penilaian diberikan berdasarkan Pengamatan Postur Tubuh dan Pemahaman terkait peraturan PBB oleh Tim Juri.

Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung Yovie Agustian Putra menjelaskan bahwa kegiatan Latgab yang diselenggarakan kali ini bertajuk Simulasi Seleksi Paskibraka ditengah Pandemi. Kita membuat Simulasi dari mulai Tahapan Pendaftaran Peserta hingga Pelaksanaan Seleksi. Kita harus sesuaikan dengan kondisi terkini, khususnya jumlah peserta agar tidak membludak dilokasi kegiatan. Meski kemerdekaan RI Agustus mendatang masih cukup lama, namun hal ini perlu dilakukan sedini mungkin. Mengingat, pada April mendatang sudah memasuki bulan suci Ramadan. “Seleksinya rencana bulan Maret mendatang. Sebab kita kan April sudah puasa. Jadi latihan gabungan pertama ini untuk melihat serta mengukur kemampuan peserta, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri lebih matang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kabupaten Belitung Junaidi, S.Pd memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Pengurus Kabupaten PPI Belitung yang telah menggelar kegiatan Latgab bagi anggota Paskibra Sekolah. Dirinya menilai kegiatan ini selain memberikan kesiapan bagi Peserta juga memberikan Kesiapan serta Gambaran bagi Dispora yang nantinya akan melaksanakan Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Belitung.
Turut hadir dalam kegiatan Penutupan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Achmad Ridwan, ST, M.Si, Ketua DPD KNPI Belitung M. Hafrian Fajar, SM serta Pengurus Kabupaten PPI Belitung.
Diakhir kegiatan Panitia memberikan Apresiasi berupa Penghargaan dan Voucher Makan Malam di Hotel BW Suite kepada masing – masing peserta terbaik.

Terbaik I Putra : Randy Gardianto – SMA Negeri 2 Tanjungpandan
Terbaik II Putra : M. Arief Herlangga  – SMA Negeri 2 Tanjungpandan
Terbaik I Putri : Auliyah Nisya – SMA Negeri 2 Tanjungpandan
Terbaik II Putri : Resi Andila – SMA Negeri 1 Sijuk