Home / Bangka Belitung / Kejari Belitung Gelar Kegiatan Vaksinasi Booster
IMG_20220210_173407

Kejari Belitung Gelar Kegiatan Vaksinasi Booster

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung kembali melaksanakan kegiatan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat umum, bertempat di halaman Kantor Kejari Belitung pada hari ini, Kamis (10/2/2022).

Acara itu berlangsung pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB ini dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, PMI Kabupaten belitung serta Tenaga kesehatan dari Puskemas Air Saga Tanjungpandan.

Kegiatan itu merupakan pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial Kejari Belitung dan Ikatan Adhyaksa Darma Kartini daerah Belitung dalam rangka peringatan hari kanker sedunia, serta mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi pertama, kedua maupun Ke-3 (Booster) dan IVA test bagi masyarakat umum.

Kasi Intelijen MTR Anggoro SH seizin Kejari Belitung IG Punia Atmaja NR SH MH, berharap vaksinasi booster ini juga mampu memutus mata rantai potensi penyebaran covid-19 di masyarakar umum.

“Dalam rangka memperingati hari kanker sedunia, Kejari Belitung juga mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Belitung,” katanya.

Selain itu ada juga vaksin yang telah disiapkan berupa Pfizer, Astra Zaneca untuk 40 orang. Dan dengan pelaksanaan kegiatan bhakti sosial tersebut diharapkan dapat lebih mendekatkan Kejaksaan dengan masyarakat.

“Jumlah vaksin yang disiapkan berupa Pfizer sebanyak 5 vial untuk 60 orang dan Astra Zeneca sebanyak 2 Vial untuk 40 orang yang di iikuti oleh Keluarga Besar Kejari Belitung maupun masyarakat umum,” ujar Anggoro.

Berikut keterangannya mengenai manfaat dari vaksinasi Ke-3 (Booster):

1. Adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru termasuk varian Omicron.

2. Sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang.

3. Memenuhi hak setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Sementara itu ditambahkannya mengenai tujuan pemeriksaan tes IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim (kanker serviks) yang banyak dialami oleh wanita. (Tim)