Home / Bangka Belitung / Kumham Peduli, Berbagi & Empati Kumham dalam HDKD 2021 di Lapas Tgpandan

Kumham Peduli, Berbagi & Empati Kumham dalam HDKD 2021 di Lapas Tgpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyelenggarakan bakti sosial dengan tema “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham” dalam rangka perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 pada Kamis (21/10/21). Acara bakti sosial ini bertempat di Selasar Gedung Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta Selatan. Acara dihadiri secara langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham serta direksi Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Di samping itu, sebagian undangan lainnya hadir secara virtual melalui Aplikasi Zoom, antara lain jajaran Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor di setiap provinsi serta Kepala RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Setelah Pelaksanaan Zoom terpusat, Jajaran Lapas kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel bergerak menyasar rumah – rumah warga di sekitar Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH didampingi pejabat Struktural, membagikan Paket Bingkisan “New Normal Kit” berupa Hand Sanitizer, Masker dan Perlengkapan Makan. Dalam kunjungan kerumah warga tersebut, Kalapas turut menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan terutama sering mencuci tangan dengan air mengalir. Setelah mebagikan bingkisan ke rumah – rumah warga, Kalapas dan rombongan melanjutkan kegiatan Donor Darah di Markas Palang merah Indonesia (PMI) Belitung. Dalam kegiatan tersebut, Kalapas menjadi orang pertama yang mendonorkan darahnya dilanjutkan pendonor lainnya yang merupakan Pegawai di jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Kepada Media Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika yang ke-76, dilaksanakan bakti sosial yang dapat mencerminkan nilai Dharma Karya Dhika di dalam diri setiap insan kementerian Hukum dan HAM, 6 serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Ia menjelaskan pada kegiatan Zoom Wakil Menteri Hukum & HAM RI berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfat kepada saudara – saudara kita untuk menjalani adaptasi kebiasaan baru. Covid – 19 ini memberikan pelajaran kepada kita semua untuk meningkatkan kepedulian, secara khusus adalah kepedulian kepada lingkungan terdekat disekitar kita. Berikan dan lakukan semampu apa yang bisa kita perbuat, bahkan darah pun bisa kita bagikan melalui Donor Darah. Karena kita ketahui bersama, saat ini banyak masyarakat kita yang sangat membutuhkan darah tersebut. Sehingga kita jangan pernah ragu untuk terus berbuat sekecil apapun untuk meringankan beban saudara – saudara kitaujar Kalapas. .*Rilis Media
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan