Home / Bangka Belitung / LAM Desa APJ Telorkan Gagasan Pembuatan Kumpulan Seribu Pantun

LAM Desa APJ Telorkan Gagasan Pembuatan Kumpulan Seribu Pantun

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitung) lakukan silatuhrahmi dengan pengurus LAM Desa APJ (Aik Pelempang Jaya), Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, yang bertempat di rumah Junaidi, Ketua LAM Desa APJ, Dusun Asam Lubang, pada hari ini, Sabtu, 8 Januari 2022.

Acara silatuhrahmi ini dihadiri Ketua LAMBEL Drs. H. Hadi Adjin, dan pengurus LAMBEL Achmad Hamzah, dan Karseno, Wahyu (staf Camat tanjungpandan), LAM Kecamatan Kecamatan Tanjungpandan, Sofwan AR Ketua LAM Desa APJ Junaidi, beserta anggota LAM Desa APJ.

Ketua LAM Kecamatan Tanjungpandan Sofwan AR ungkapkan pertemuan ini merupakan inisiasi dari Ketua LAM Junaidi dari APJ untuk ajakan undangan makan siang bersama sekaligus silatuhrahmi dan upaya rancangan pembuatan buku kumpulan seribu pantun Belitung,
“Alhamdulillah, pada hari ini dapat bertemu dan dihadiri LAMBEL,” katanya.

Adapun pantun yang akan dirancang ini kata Sofwan, berisi berbagai klasifikasi Pantun seperti pantun bebulak, pantun geruak, pantun becangek, pantun nasehat dan lain-lain.

“Pantun ini akan berciri khas bahasa belitung. Dan salah satunya untuk melestarikan adat budaya Belitung,” katanya.

Nantinya, kata Sofwan, akan dilibatkan para acara begawai dalam pembuatan buku tersebut.

Ketua LAM APJ Junaidi ajak bersatu padu untuk melestarikan keberadaan dalam membangun adat, dan budaya Belitung. “Memang kita sudah menyiapkan ratusan pantun, dan nantinya akan kita klasifikasi jenis pantun termasuk akan menambah lagi jumlah pantun sampai seribu pantun,” katanya.

Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin berharap agar LAM Kecamatan Tanjungpandan mampu sebagai contoh untuk kecamatan-kecamatan lainya di kabupaten Belitung untuk berbuat dan bekerja secara terbaik mengangkat batang terendam.

Hadi juga mengucapkan apresiasi yang positif dilaksanakan acara makan siang bersama antara Pengurus LAM Desa dan Kelurahan serta mengundang LAM Kecamatan Tanjungpandan dan LAMBEL.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada pak Djunaidi Ketua LAM Desa APJ atas undanganya,” katanya.
Seperti diketahui, pada pertemuan ini, selain silatuhrahmi juga, disampaikan Ketua LAM Kecamatan Tanjungpandan terkait kepengurusan LAM Kecamatan Tanjungpandan tidak lama lagi akan berakhir dan perlu dibentuk lagi kepengurusan yang baru.
Acara silatuhrahmi ini diawali sambutan diskusi dan diakhiri dengan makan siang bersama. *