Home / Bangka Belitung / Masih Ada Nelayan Selat Nasik Menggunakan Sampan Tradisional untuk Melaut
IMG_20220305_104401

Masih Ada Nelayan Selat Nasik Menggunakan Sampan Tradisional untuk Melaut

Bagikan :

SELATNASIK: Penyuluh Perikanan Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik Ani Saputra SPi lakukan pembinaan nelayan yang tergabung dalam KUB Terumbu Mayok, Desa Selat Nasik , Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, pada Rabu, 2/3/2022, kemarin.

Dari pembinaan penyuluh, dilapangan terlihat rata-rata nelayan untuk aktivitas melaut masih menggunakan sampan ala tradisional dengan menggunakan dayun. Meski demikian, sudah ada nelayan yang sudah menggunakan mesin. Itupun hanya jenis mesin robin.

Adapun kegiatan dilakukan pembinaan oleh penyuluh adalah untuk peningkatan kesejahteraan kelompok agar bisa menghasilkan produksi bagi nelayan. Apalagi kegiatan penangkapannya rata-rata pencari cumi.

Dari catatan penyuluh, saat ini KUB Terumbu Mayok, Desa Selat Nasik sudah terbentuk dengan ketua Muzir dengan jumlah anggota sebanyak 10 orang nelayan. Aktivitasnya sudah berjalan beberapa bulan.

Di KUB ini, Penyuluh Mereka mendapatkan pengarahan tentang kelembagaan kelompok dan cara berkelompok dengan benar. Selain itu, penyuluh juga memberikan pengarahan terkait dengan manajemen kas kelompok anggota.
Pada pertemuan itu, dari penuturan para nelayan yang tergabung dalam KUB ini adalah kendalanya yang dihadapi selama ini adalah tidak bisa melaut terlalu jauh karena para nelayan hanya memakai mesin robin maupun rekan-rekan memakai dayung.*