Home / Bangka Belitung / Menengok Perhelatan Pilkades Dukong “Rasa Pilkada”
IMG_20220401_072619

Menengok Perhelatan Pilkades Dukong “Rasa Pilkada”

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: “Pagi pak, gimana kapan pilkades dukong”, begitu pesan whatapps yang disampaikan ke berbagai media baru-baru ini. Pesan wa (whatapps), yang diterima media ini, dari seorang warga Belitung yang bermukim di Jakarta. rupanya diam-diam memantau sosok pemuda tinggal dirantau ingin tahu perkembangan pilkades Dukong.

Tentu saja, pilkades ini tampak unik, dan menarik lantaran dipertanyakan banyak orang baik diluar daerah maupun di dalam daerah. Menariknya lagi begitu melihat pilkades dukong mendapat pandangan warga secara berkelakar, “Kalau kita lihat pilkades Dukong mirip rasa pilkada,” kata warga Dukong, Agus bercerita kepada media ini.

Bagaimana tidak, pelaksanaan pilkades Dukong kini menjadi pembicaraan masyarakat desa dukong. Di warung kopi, pertemuan terbatas dan umum tak luput dari pembicaraan warga pemilih di desa dukong.

Suatu hal yang menarik, pilkades dukong ini diikuti petarung, mulai dari desa hingga seukuran tingkatan kabupaten. Sebut saja misalnya yang ikut meriahkan pilkades Dukong, munculnya, nama Min Tet, yang merupakan anggota DPRD Belitung periode 2014-2019. Begitu pun ada lagi sosok Fadlie, serta nama nama petarung lainnya, Hairudin, Toto Warmunarto dan Dedi Wahyudi.

Ketua panitia pilkades Zainal Arifin menceritakan bahwa awal pendaftaran 1 Maret 2022 dibuka dengan 10 orang pendaftar.
Dari jumlah tersebut, panitia mengelar seleksi tambahan yang diselenggarakan tingkat kabupaten hingga menurunkan lima calon kades seperti Min Tet, anggota DPRD Belitung periode 2014-2019. Ada juga Fadlie, Hairudin, Toto Warmunarto dan Dedi Wahyudi.

Menurut Zainal, panitia pilkades pun telah menetapkan nomor urut para calon kades diantaranya Nomor 1 Hairudin, Nomor Urut 2 Min Tet, Nomor urut 3 Toto Warmunarto, nomor urut 4 Fadlie dan nomor urut adalah 5 Dedy Wahyudi.
Seperti diketahui, pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di Kabupaten Belitung kini sudah memasuki tahapan pemungutan suara yang dimulai dengan pembentukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Desa.

Pada Rabu tanggal 23 Maret 2022 lalu, misalnya sudah dilakukan penetapan calon kepala desa, nomor urut dan deklarasi kampanye pilkades damai selanjutnya, yaitu pemungutan suara yang di awali dengan pembentukan KPPS.
Sesuai tahapan dan jadwal yang sudah disusun di Kabupaten pembentukan KPPS Desa, kegiatan akan dimulai pada minggu pertama di bulan April mendatang.
Setelah itu akan dilakukan Bimtek untuk KPPS Desa kemudian masuk ke tahap selanjutnya distribusi logistik, kampanye, masa tenang dan pemilihan pada Minggu tanggal 15 Mei 2022.

Adapun untuk diketahui, di Kabupaten Belitung ada 14 desa yang melaksanakan Pilkades Tahun 2022 yaitu Desa Juru Seberang, Buluh Tumbang, Dukong, Air Selumar, Sungai Padang, Tanjung Binga, Batu Itam, Air Seruk, Perpat, Air Batu Buding, Cerucuk, Pegantungan, Badau dan Sungai Samak.*