Pendaftaran Penyelenggara Pilkada Belitung Timur Telah Dibuka

profesionalisme tetap menjadi hal yang tak kalah penting. Ia juga memberikan peluang bagi regenerasi penyelenggara Pilkada, terutama bagi anak muda yang ingin berkontribusi dalam proses demokrasi.

MANGGAR: Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun 2024 telah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur kembali membuka pintu bagi warga yang ingin menjadi bagian dari proses demokrasi melalui pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS).

Seperti sebelumnya, KPU Kabupaten Beltim berencana merekrut 35 orang PPK untuk mengelola 7 kecamatan serta 117 orang PPS untuk 39 desa di wilayah tersebut.

Asrikhah, Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim, menjelaskan bahwa pendaftaran PPK dibuka secara nasional dan dapat diakses melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) KPU RI mulai Selasa, 26 April 2024.

“Kami membutuhkan pendaftar setidaknya dua kali lipat dari jumlah kebutuhan. Minimal 6 orang pendaftar untuk PPS di setiap desa dan 10 orang pendaftar untuk PPK di setiap kecamatan,” ungkap Asrikhah.

Para PPK dan PPS yang terpilih akan menjalani tahapan Pilkada selama kurang lebih 8 bulan, dimulai dari Mei 2024 hingga Januari 2025.

Marwansyah, Ketua KPU Beltim, menambahkan bahwa pendaftaran PPK akan ditutup pada 29 April mendatang. Marwansyah juga mengajak seluruh warga yang memenuhi syarat dan memiliki minat untuk segera mendaftar.

Meski pengalaman menjadi pertimbangan utama, Marwansyah menekankan bahwa profesionalisme tetap menjadi hal yang tak kalah penting. Ia juga memberikan peluang bagi regenerasi penyelenggara Pilkada, terutama bagi anak muda yang ingin berkontribusi dalam proses demokrasi.

“Pengalaman tetap menjadi bahan pertimbangan, namun lowongan ini bukan hanya untuk satu orang, seperti PPK ada lima, PPS ada tiga. Nah barometer ini lah yang nantinya jadi pertimbangan kita,” ujar Marwansyah.*Diskominfo SP Beltim