Pengurus IPARI Belitung Dikukuhkan, Begini Pesan Kepala Kemenag Kabupaten Belitung

Penyuluh agama diharapkan menjadi informan, edukator, advokator, dan konsultan keagamaan, sesuai dengan empat tugas pokok yang dijelaskan Kepala Kemenag.

TANJUNGPANDAN: TRAWANGNEWS.COM: Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, DRD H Masdar Nawawi. M.M, secara resmi mengukuhkan pengurus Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Belitung untuk masa bakti 2023-2027. Acara dilaksanakan dengan khidmat di Aula PLHUT Kemenag Kabupaten Belitung.

IMG 20240111 074634
Kepala Kemenag Kab Belitung Drs H Masdar Nawawi. M.M Menyerahkan Surat Keputusan Pengurus IPARI Kab. Belitung Masa Bakti 2023 2027 Kepada Ketua IPARI Dra Rasmaili ( Penyuluh Agama Islam ) dan penyuluh agama lainnya.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra Pemda Belitung, Dedy Farza Lc., Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Belitung, Ketua FKUB Kabupaten Belitung HARMIZI. S.Pd, Kasi Penyelenggara pada Kemenag Kabupaten Belitung, serta para ketua majlis masjid agama se-Kabupaten Belitung.

Kepala Kemenag, dalam sambutannya, memberikan ucapan selamat kepada pengurus IPARI. Dia berharap mereka dapat melaksanakan amanah ini dengan baik, bekerja bersama-sama untuk kepentingan organisasi, yang merupakan organisasi profesi menyatukan penyuluh agama dari berbagai keyakinan.

Dalam konteks adaptasi terhadap perkembangan teknologi, Kepala Kantor Kemenag Belitung Drs. H. Masdar Nawawi M.M  juga menyoroti pentingnya peran penyuluh agama dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat. Penyuluh agama diharapkan menjadi informan, edukator, advokator, dan konsultan keagamaan, sesuai dengan empat tugas pokok yang dijelaskan Kepala Kemenag.

IMG 20240110 211132
Rangkaian kegiatan pengurus Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Belitung untuk masa bakti 2023-2027.

Selain itu, Kepala Kemenag memberikan imbauan kepada para penyuluh agama untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja bimas Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu. Hal ini dianggap penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tugas serta memberikan respons cepat jika ada hambatan.

Semua pesan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para penyuluh agama dapat berkontribusi secara optimal dalam membina keagamaan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat Kabupaten Belitung. Selamat bekerja dan bersinergi untuk kemajuan bersama.*