Percepat Pengembangan Penataan Kalaju tahun 2023, Penyuluh perikanan Dan Pemdes Suak Gual Bahas Agenda Usulan Program Prioritas di Kalaju

SELATNASIK: Penyuluh perikanan Ani Saputra SPi berkoordinasi dengan pemdes Suak Gual melalui Sekretaris Desa Suak Gual Robet untuk percepatan pengembangan penataan kampung nelayan maju desa suak gual tahun 2023, baru-baru ini.

Adapun percepatan pengembangan penataan kampung nelayan maju desa suak gual tahun 2023,,adalah berbagai usulan tentang usulan program prioritas kampung nelayan maju yang disepakati oleh penyuluh perikanan serta pemerintahan desa suak gual dan koperasi kampung nelayan maju dan kelompok masyarakat nelayan antara lain usulan tersebut pembangunan bengkel nelayan, pengembangan pembangunan rumah produksi ecoprint, Pembangunan amenitas swafoto ikon wisata yang tema” Aku de gual kalaju, Pengecatan bangunan di kawasan kalaju dan Panel Surya ukuran 100 PC dan accu.

Terkait dengan point usulan hasil pertemuan tersebut, diharapkan pemerintahan desa suak gual agar bisa mengadakan rapat pertemuan dengan koperasi kampung nelayan maju dan kelompok masyarakat nelayan maju.

Sementara itu, rapat tersebut ditindaklanjuti dengan menggelar rapat Koordinasi Tindaklanjut Rencana Pembangunan Lanjutan Kampung Nelayan Maju (KALAJU) Desa Suak Gual Tahun 2023 yang bertempat di Kantor Pemerintah Desa Suak Gual,,baru baru ini.

IMG-20230624-WA0096
Adapun rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Desa Sdr. Robet (Sekretaris Desa) dan Jerri (Kepala Urusan Perencanaan), Ketua Pokmas Nelayan Maju Bpk. Mashabi, dan Ketua Koperasi KALAJU Desa Sual Gual Bpk. Rozali.

Rapat yg dipimpin oleh sekretaris desa ini membahas tentang kegiatan prioritas pembangunan lanjutan KALAJU tahun 2023, dimana terdapat sebanyak 5 prioritas pembangunan, yakni : Pembangunan Galeri Ecoprint, Pembangunan Bengkel Nelayan, Pembangunan Swafoto/Spot Foto Ikonik “Aku de Gual”, Pengecatan Bangunan di Kawasan KALAJU, dan Pemenuhan Kebutuhan Panel Surya bagi Nelayan.

Dalam rapat ini juga membahas lokasi pembangunan dari 3 kegiatan pembangunan fisik sekaligus mendesain secara sederhana gambar dan denah model objek yang akan dilakukan pembangunan.

Setelah beberapa hal disepakati selanjutnya akan dilaksanakan penyelesaian pembuatan Proposal dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari 5 kegiatan tersebut dalam waktu dekat ini, dan setelah selesai akan langsung disampaikan kepada pihak kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Sebagai penutup, semua pihak yang terlibat berharap kegiatan pembangunan lanjutan KALAJU Desa Suak Gual Tahun 2023 ini dapat berjalan dgn lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan bersama-sama serta dapat memberikan manfaat yg sebesar-besarnya bagi Masyarakat Desa Suak Gual khususnya.*