Home / Bangka Belitung / PUASA DAN NILAI TAQWA
IMG_20210513_073135
Oleh : Ust. Rudy Ermawan

PUASA DAN NILAI TAQWA

Bagikan :

Puasa adalah rukun islam yang ketiga. Bila datangnya bulan puasa, kita semua umat muslim tak terkecuali wajib melaksanakan ibadah puasa selama sebulan yang penuh.

Ada beberapa hal yang bisa dipahami dalam puasa, mulai dari tujuan ibadah puasa, hal hal yang dilaksanakan umat islam dalam bulan puasa, dan nilai ketakwaan dari hikmah jalankan ibadah puasa.

Yang pertama, Tujuan kita menjalankan ibadah puasa adalah supaya kita menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al Baqarah 183 hai orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Untuk menggapai nilai takwa tentunya harus semangat dalam beribadah kepada Allah ketika di bulan romadhon sehingga di luar bulan Ramadan sudah terlatih dalam beribadah kepada Allah.

Kedua, dibulan ramadhan ini ada hal yang sangat baik dilakukan umat muslim yakni,
semangat kita membaca Alquran di bulan Ramadan, semangat dalam salat tahajud, infaq dan shadaqah pada bulan Ramadan kita tingkatkan 11 bulan setelah Ramadan ini.

Jangan sampai semangat beribadah, semangat baca Alquran, semangat infaq shodaqoh, semangat salat berjamaah ke masjid hanya di bulan romadhon ini merupakan ibadah musiman bahkan kata para ulama sejelek-jelek manusia adalah ibadah musiman yaitu ingat Allah hanya di bulan Ramadan baca Alquran hanya di bulan Ramadan, sholat hanya di bulan romadhon ketika romadhon pergi meninggalkannya lupa lagi kepada Allah, lupa lagi baca Alquran, lupa lagi salat

Sedangkan, yang terakhir adalah puasa dapat menuju nilai ketakwaan. Adapun tujuan dari berpuasa romadhon mendapat predikat taqwa.
Ketika predikat taqwa melekat pada dirinya, segala ibadah akan meningkat walaupun bukan di bulan romadhon.

Mari kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala,
Orang yang bertakwa kepada Allah merasa dirinya diawasi oleh Allah subhanahu wa ta’ala sehingga segala ucapan gerak-gerik perilaku apapun sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah sehingga akhlak kepada istri akan baik, akhlak kepada orang tua akan baik, akhlak kepada tetangga akan baik, ini salah satu buah dari taqwa yaitu memiliki akhlak yang mulia.

Pada kesempatan ini izinkan saya diakhir sebagai khotib sampaikan ucapan duka terhadap negara tetangga, umat muslim di Palestina dilanda berbagai masalah.
Mari kita doakan agar saudara-saudara kita di negeri palestina tegar dan semoga diselamatkan.Allah SWT. Amin ya rabbal Allamin

Disampaikan saat menjadi khotib sholat Idul Fitri  1442 H di Masjid Al Hajar, Air Merbau Tanjungpandan, Belitung