Rangkaian Bimbingan Manasik Haji Ditutup, 62 Jamaah Siap Berangkat Ke Tanah Suci Mekkah

Masdar ungkapkan bahwa Bimbingan Manasik Haji merupakan tahapan penting sebelum jamaah haji melaksanakan ibadah haji. "Melalui kegiatan ini, para jamaah diberikan pemahaman mendalam tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji secara benar dan sesuai tuntunan agama," katanya."

TANJUNGPANDAN: Kementerian Agama Kabupaten Belitung melalui Kepala Kemenag Kabupaten Belitung, Drs H Masdar Nawawi M.M, secara resmi menutup seluruh rangkaian bimbingan Manasik Haji bagi 62 orang jamaah haji Kabupaten Belitung Tahun 1445 H / 2024 M.
Acara penutupan berlangsung di Ruang Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Kabupaten Belitung, yang diselenggarakan baru-baru ini.

Dalam keterangan resminya, Drs H Masdar Nawawi M.M menyampaikan bahwa jumlah jemaah yang bersiap untuk berangkat mencapai 62 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 calon haji berasal dari Tanjungpandan, 2 calon haji dari Sijuk, 3 calon haji dari Selat Nasik, 3 calon haji dari Badau, dan 1 calon haji dari Membalong.

IMG 20240508 054951
Kepala Kemenag Kab Belitung Drs H Masdar Nawawi, sedang memberikan peraturan perhajian di Arab Saudi kepada 62 orang Calhaj Belitung 1445 H / 2024 M

Menariknya, jemaah haji tertua yang siap berangkat adalah Zalia, berusia 81 tahun, berasal dari Tanjungpandan. Sedangkan haji termuda adalah Rahmatang, yang baru berusia 29 tahun, berasal dari Selat Nasik.

Masdar ungkapkan bahwa Bimbingan Manasik Haji merupakan tahapan penting sebelum jamaah haji melaksanakan ibadah haji.

“Melalui kegiatan ini, para jamaah diberikan pemahaman mendalam tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji secara benar dan sesuai tuntunan agama,” katanya.”

Menurutnya, lewat penutupan rangkaian bimbingan ini, diharapkan para jamaah haji Kabupaten Belitung siap melaksanakan ibadah haji dengan penuh kesadaran dan ketaqwaan, serta mendapatkan manfaat spiritual yang maksimal.

 

62 Calon Jamaah Haji Kabupaten Belitung Dilepas Pj Bupati

Momentum sakral bagi 62 calon jamaah haji Kabupaten Belitung semakin dekat dengan upacara pelepasan yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 15 Mei 2024, pukul 08.00 WIB.

Upacara yang akan dipimpin secara seremonial oleh Penjabat Bupati Belitung ini akan berlangsung di ruang rapat Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, Jalan A. Yani, Tanjungpandan.

Jamaah calon haji Kabupaten Belitung, yang tergabung dalam kelompok terbang 6 / PLM, akan bergabung dengan 19 orang calon jamaah haji dari Belitung Timur, 137 calon jamaah haji dari Bangka Barat, 1 orang jamaah haji dari Pangkal Pinang, serta beberapa jamaah calon haji dari Palembang.

Turut serta pula 1 petugas haji kloter dan 3 petugas haji daerah dari PHD Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

IMG 20240508 055023
bimbingan Manasik Haji bagi 62 orang jamaah haji Kabupaten Belitung Tahun 1445 H / 2024 M

Sementara itu, Pada hari Jumat, tanggal 17 Mei 2024, pukul 07.00 WIB, calon jamaah haji Kabupaten Belitung akan berangkat dari Masjid Al Mabrur Tanjungpandan menuju Bandara HAS Hanandjoedin untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Antara di Pangkal Pinang dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air.

Setibanya di Pangkal Pinang, seluruh jamaah haji akan menginap semalam di Asrama Haji PK Pinang. Kemudian, pada tanggal 18 Mei 2024, mereka akan diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang menuju Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dengan estimasi waktu perjalanan kurang lebih 4 jam. Di Bandara SMB II Palembang, pada pukul 19.30 WIB, para jamaah akan diberangkatkan menuju Kota Madinah Al Munawwaroh menggunakan pesawat Saudi Air Line.*