Home / Bangka Belitung / Rawan Longsor Warga Simpang Rusa Lapor Dewan Minta Dipasang Talud
1593348479268

Rawan Longsor Warga Simpang Rusa Lapor Dewan Minta Dipasang Talud

Bagikan :

MEMBALONG: sejumlah warga di lokasi kawasan pembangunan jalan dan talud dari proyek yang dibiayai dari dana APBD provinsi Babel, yang terletak di RT 4 dan Rw 2 Dusun Simpang Rusa, Desa Simpang Rusa Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, keluhkan belum terpasangnya talud dan hal ini sangat dikhawatirkan akan terjadi longsor dan membahayakan keselamatan berlalu lintas dan rumah warga disekitar yang bisa terancam longsor.

Meski saat ini masih musim panas, namun belum terjadi apa-apa. Tapi bila hujan lebat bukan mustahil, terjadi longsor dan masuk ke ruas areal jalan /menutup jalan raya.

Sebab itu, Armawi perwakilan warga dari RT 4 dan Rw 2 Dusun Simpang Rusa, sampaikan laporan tersebut kepada anggota DPRD Babel dapil Bangka Belitung 4 Junaidi Rachman untuk mengecek ke lapangan karena masih ada kawasan jalan belum terpasag talud di wilayah sebagian Rt 4.

Atas dasar hal itu, anggota dewan junaidi rachman pun belum lama ini, turun ke lapangan dan mengecek ke lokasi dimana kawasan yang belum terpasang talud yang dikhawatirkan rawan longsor.


Armawi sebut pihaknya sudah mempertanyakan ke pekerja proyek pengembangan pembangunan jalan terhadap kelanjutan pembuatan talud namun ketika ditanyakan pembuatan talud sudah selesai sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Sementara itu, anggota DPRD Babel Junaidi Rachman sebut sebetulnya kewenangan soal ini adalah komisi 3 yang membidangi masalah pekerjaan umum.

Namun sebagai tanggungjawab moral dan sosial , junaidi ungkap bahwa persoalan ini menjadi tangungjawab bersama mengingat sebagai pelayanan publik.

Ia juga meminta dinas pekerjaan umum provinsi babel untuk mengecek ke lapangan dan melihat kondisi ril.

“Kalau memang pengerjaan talud sudah selesai atau bertahap. Diupayakan secepatnya ditambah kembali pengerjaan talud agar tidak mengakibatkan hal tak diinginkan seperti longsor dan lainnya,” katanya.

Sedangkan dinas pekerjaan umum provinsi Babel belum dikonfirmasi terkait pengerjaan proyek pengerjaan yang didanai APBD Provinsi Babel tersebut.

Memang saja, terlihat pembangunan talud di sekitar rumah warga di Rt 4 sudah dilakukan hampir sebagian dipasang talud. Sedangkan dilokasi kawasan rawan longsor didepan rumah Armawi dan rumah lainnya terlihat belum ada pemasangan talud.
“Kita minta ini disikapi dengan segera dan dicari solusi yang terbaik,” katanya. *