Home / Bangka Belitung / Satu Pasien di Kabupaten Belitung Dinyatakan Positif Covid-19
Jumpa pers Bupati dan Wakil Bupati Belitung bersama wartawan Belitung

Satu Pasien di Kabupaten Belitung Dinyatakan Positif Covid-19

Bagikan :

TANJUNGPANDAN:Per Realese Covid 19 di Kabupaten Belitung, Senin, 30 Maret 2020, yang disampaikan Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos yang didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn, MSi tercatat satu orang pasien Pasien 034 , laki-laki 54 tahun, dengan hasil POSITIF COVID- 19.

Hal itu didasarkan hasil pemeriksaan laboratorium 3 PDP dari sisa 5 spesimen pasien PDP dan 1 pasien ODP, diperoleh hasil pemeriksaan sebagai berikut: diantaranya, Pasien 030, laki-laki 49 tahun, negatif, Pasien 037, laki-laki, 23 tahun, negatif, dan Pasien 034 , laki-laki 54 tahun, dengan hasil POSITIF COVID- 19.

Terhadap Pasien 034 PDP ini pasien pertama dengan hasil test Covid-19 Positif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Dengan demikian, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan Provinsi ke-31 dengan kasus Covid 19 positif.
“Kita masih menunggu, pemeriksaan sampel swab tenggorokan yang belum ada hasilnya, yaitu; 4 Pasien PDP dan 2 pasien ODP,” kata Sahani Saleh.

Pasien 034 dengan Covid-19 Positif kata Sahani, datang pertama kali ke UGD RSMJ, tanggal 23 Maret 2020, pukul 20.00 WIB dan langsung menuju COVID CENTER RSMJ di Gedung Isolasi A dan telah dilakukan sejumlah pemeriksaan standar kemudian diambil swab tenggorokan pertama. Namun masih dinyatakan ODP
karena kondisi pasien masih baik dan pasien dipulangkan untuk diminta datang kembali tanggal 25 Maret 2020, pukul 09.00 WIB untuk pengambilan swab kedua.

Namun, ternyata hasil pemeriksaan rontgen menunjukkan ada tanda-tanda pneumonia, sehingga pasien 034 dinaikkan statusnya menjadi PDP dan diisolasi di Gedung Isolasi B.

“Hari ini tanggal 30 Maret 2020, pukul 07.00 WIB, pasien dinyatakan Confirm Positif Covid19 berdasarkan hasil dari laboratorium Litbamgkes Biomedis Kementrian Kesehatan,” kata Sahani.

Seperti diketahui, sampai siang ini RSMJ telah menangani 56 pasien dengan rincian 46 pasien ODP dan 10 pasien PDP, namun yang diperiksa swab tenggorokan hanya 21 pasien, dengan rincian 9 pasien ODP Negatif, 6 PDP Negatif, 1 PDP Positif dan 4 Pasien masih menunggu hasil, yaitu 1 PDP dan 3 ODP.

Menurut Sahani, RSUD saat ini sedang merawat 6 pasien terdiri atas 4 pasien PDP, 1 pasien ODP dan 1 pasen positif. “Pasien-pasien yang dirawat semua dalam kondisi stabil dan perbaikan,” katanya.
Kata Sahani, sSaat ini pihak RSUD telah melakukan 24 pemeriksaan Rapid Test Antibodi Antigen terhadap 24 ODP yang memiliki kontak erat dengan pasien 034 Positif Covid19 yang hasilnya bisa ditunggu 1 jam.

” Apabila negatif maka para ODP tersebut akan diisolasi mandiri di rumah dan diawasi ketat terhadap gejala- gejala yang mungkin timbul karena masih dalam masa inkubasi dan bagi yang positif akan langsung diisolasi di Gedung Isolasi C untuk diambil swab tenggorokan dan diperiksa dengan metode PCR,” kata Sahani.

Hadir pada saat jumpa pers, ketua DPRD Belitung Ansori, dan Forkompinda, dan kalangan wartawan di Belitung* Pers release.