Home / Bangka Belitung / SENI DAN KANKER
IMG-20210302-WA0070
Oleh ; Saifuddin Al Mughniy

SENI DAN KANKER

Bagikan :

Begitulah sang mitolog 1200 tahun yang lalu. Kekumuhan dan bangsa Arya, indiana, afro dan skandinavia selalu menjadi sorotan kaum helenisme (bangsa berkerah) yang biasa disematkan sebagai golongan hacienda atau bangsawan__darah biru. Dalam tubuh kebudayaan kita kenal dengan sebutan ningrat.

______Meminjam istilah absurditas (ketidakpastian), bukan nihilisme ala Nietzsche. Frozen mencoba menyuguhkan kita tentang seni dan rasa sakit___dan politik adalah kanker. Seni kata Albert Camus adalah pemberontakan, tulisan, puisi, parodi, prosa, sastra, begitulah cara seni memberontak.

Penderitaan manusia atas pilihannya adalah politik___kalimat itu pernah diungkapkan oleh Michel Foucault. Seseorang memilih menderita karena jalan kekuasaan. Saya juga sangat sulit memahami pikiran ini___sebab faktanya kekuasaan menghadirkan kemewahan.

____politik adalah rule of game suatu sains yang berdimensikan seni bermain. Tetapi benarkah politik adalah kanker? Tentu bukan makna “kantong kering”, tetapi lebih dipahami sebagai penyakit yang menggerogoti pada setiap sel² pada anatomi manusia.

Dan secara medis, penyakit kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Lalu, kenapa banyak orang yang memilih jalan kematian seperti itu?….

_____Namun kita tak perlu cemas dan takut, sebab Plato pernah bilang, bahwa puncak kebahagiaan itu adalah politik.

#HomoPoliticos
Oleh ; Saifuddin Al Mughniy