Home / Bangka Belitung / Tindo Berandun Gelar Majelis Ekonomi Rakyat,Strategi Pemasaran Usaha Kecil
H. Zulkifli Umar, S.S., M.M. , Anto Oga, bersama para pelaku usaha kecil

Tindo Berandun Gelar Majelis Ekonomi Rakyat,Strategi Pemasaran Usaha Kecil

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Senin Malam, 22 Nopember 2021, Tindo Berandun, menggelar acara majelis ekonomi rakyat, dengan tema yang diusung “strategi pemasaran usaha kecil ” yang bertempat di Berandun Kupi, Jalan Hayati Mahim- Kelurahan Pangkallalang Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Acara Tindo Berandun ini dengan menghadirkan narasumber Anto Oga, Wirausaha senior bidang Fermentasi Industri Kelautan,
H. Zulkifli Umar, S.S., M.M. yang merupakan Ketua Umum IKMB Jakarta (Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung ) yang juga putra Belitung (Owner/Rahat Icon Hotel, Tanjungpandan, Cosmo Makmur Indonesia, Mekarsari, Moda Daya Group, Sentul, Komisaris LP3I Pusat, Jakarta dan Direktur PT. Industri Susu Alam Murni (ISAM) Bandung.

Adapun Tindo Berandun ini dengan Moderator acara adalah Fithrorozi S.Ikom.

Pada pertemuan acara kegiatan ini dihadiri UKM Keripik, Tempe, Sagu (Rahayu), UKM Hay Bilqil (cake n catering (Satria), UKM Telinsong (Susilawati), Daun Kelor Pakcik Belitong (Haryanto Macet), usaha peternak ayam pedaging (Harbiansyah), Dapur Kreasi Mama Aura (Nengsih), Lantis Prajurit (Adisty Pratiwi), Sambal Belitong Kak Ros (Rostiati), Bee_you (Eka), Melesau Cookies (Belfie) dan Owner Berandun Kupi.

Dalam sisi diskusi, Anto Oga, Wirausaha senior bidang Fermentasi Industri Kelautan dengan uraian terkait memberikan strategi kiat-kiat pengembangan usaha, seperti mulai produk, cara menjualnya, dan pengalaman memasarkan produk dari kesulitan atau kemudahan, strategi pemasaran, bangun sistim pemasaran.

Sementara Zulkifli Umar, sosok putra Belitung yang juga pengusaha sukses di luar dan dalam daerah ini memberikan wejangan kepada pelaku usaha kecil seperti UMKM untuk mengiatkan usahanya tanpa merasa takut, namun lakukan tata kelola manajemen dengan baik, sikap disiplin dan tekun serta selalu orentasi ke masa depan, konsisten, harus prihatin maupun ulet dalam berusaha.

“Jangan mengeluh tapi kita bagian dari pemecah masalah. Jadi, terus berusaha sampai menuju ke titik kesuksesan,” katanya.

Zulkifli juga ajak pelaku usaha
untuk mengoptimalkan pasar di era digital dengan memanfaatkan pemasaran produk usaha kecil lewat media sosial seperti Facebook, Instragam, twiter dan berbagai sosial media lainnya.

Sementara itu, moderator acara Fithtrorozi S.Ikom ungkapkan bahwa kegiatan majelis ekonomi rakyat, dengan tema yang diusung “strategi pemasaran usaha kecil ini merupakan yang pertama dilakukan. “Kegiatan Tindo Berandun ini akan terus berlanjut,” katanya,

Menurutnya, program Tindo berandun, yang dibangun adalah sebuah strategi yang tepat untuk memenangkan kompetisi apapun komoditasnya, strategi pemasaran menjadi kunci sukses usaha.
Bagaimana kunci sukses mengoptimalkan pasar di era digital, memenuhi standarisasi dan strategi pemberdayaan?
Tindo berandun semacam program informatif dan edukatif menggelar seminar (Indigeneous convention).

Pada acara ini disamping dialog dan diskusi, antar pelaku usaha dan narasumber. Ditampilkan sekaligus pada acara diskusi berupa iklan produk khas Belitung dari moderator, yang sisi baiknya dapat memasarkan produk melalui acara ini. Misalnya, ketika moderator acara, meminta Mas Boy, memulai dan bagaimana usaha dirintis, namanya “Tongkat Mas Boy”, kini sudah ada pembelinya yang memesannya dari luar daerah. *