Home / Bangka Belitung / Update Hari Ini, 1 Pasien Covid-19 di Belitung Dinyatakan Meninggal Dunia

Update Hari Ini, 1 Pasien Covid-19 di Belitung Dinyatakan Meninggal Dunia

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Pemerintah daerah Belitung melalui siaran pers yang disampaikan pada hari ini, Rabu, 24 Februari 2021, menginformasikan bahwa telah meninggal dunia pasien Konfirmasi Covid-19 dengan inisial HL berusia 64 tahun yang beralamat di Jl Sijuk, Aik Merbau.

Pasien HL meninggal di ruangan Intensif Isolasi ICU Covid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung pada tanggal 24 Februari 2021 pukul 02.18 WIB dini hari Setelah dilakukan perawatan intensif selama 14 hari.

Pasien HL datang pertama kali ke pusat deteksi Covid-19 RSUD dr.H.Marsidi Judono pada tanggal 11 Februari 2021, rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Belitung.

Dengan gejala klinis demam selama 6 hari sebelum masuk rumah sakit, batuk dan pilek, sesak disertai dengan penyakit komorbid kencing manis yang tidak terkontrol serta saturasi oksigen 98% dengan hasil pemeriksaan Swab Antigen Positif.

Pasien kemudian dilakukan dilakukan pemeriksaan lengkap dan dilakukan swab PCR dengan hasil Konfirmasi Positif.

Pada hari ke-6 (enam) perawatan pasien mengalami perburukan kondisi, saturasi oksigen makin menurun. Pasien juga telah diterapi oksigen tekanan tinggi dan transfusi plasma konvalesen, namun kondisi tidak semakin membaik dan terus mengalami penurunan. Pada tanggal 24 Februari 2021 pukul 01.30 WIB, pasien mengalami perburukan dan terjadi henti jantung dan henti nafas, dilakukan tindakan medis resusitasi jantung paru namun tidak berhasil dan pasien dinyatakan meninggal pada tanggal 24 Februari 2021 pukul 02.18 WIB. Pasien HL ini adalah pasien ke-12 (dua belas) yang meninggal dikarenakan Konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Belitung.
Jenazah pasien HL tersebut telah dilakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku dan pasien sedang dalam persiapan pemakaman, rencana akan dimakamkan pada tanggal 24 Februari 2021.

Saat ini RSUD dr.H.Marsidi Judono sedang merawat dan mengisolasi pasien Konfirmasi Covid-19 sebanyak 33 orang dan pasien Suspek sebanyak 2 orang, total sebanyak 35 orang pasien di ruangan isolasi Covid-19. Dengan rincian di Isolasi A sebanyak 4 orang pasien Konfirmasi, Isolasi B sebanyak 18 orang pasien Konfirmasi, Isolasi C sebanyak 11 orang pasien Konfirmasi dan 2 orang Suspek Covid-19 dengan swab antigen Positif. Kondisi pasien sedang sampai dengan berat.
Demikian yang dapat disampaikan, dengan meningkatnya kasus penularan Covid-19 di Belitung mari kita senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru sehingga kita dapat memutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Belitung.*