Home / Bangka Belitung / 2 KUB Di Kec. Selat Nasik Dapatkan Sertifikat Kelompok Kelas Pemula

2 KUB Di Kec. Selat Nasik Dapatkan Sertifikat Kelompok Kelas Pemula

Bagikan :

SELATNASIK: Dinas Perikanan Kabupaten Belitung lakukan pembinaan dan pengukuhan kepada kelas pemula di dua KUB (Kelompok Usaha Bersama), masing-masing KUB Putra  Nelayan di Selat Nasik dan KUB Warga Nelayan di Desa Petaling, baru baru ini, yang bertempat dirumah Ketua KUB Masing masing  KUB.

Acara ini dihadiri Dinas Perikanan Kabupaten Belitung yang mewakili kabid perikanan tangkap adalah  Kasi Kelembagaaan dan Sumber Daya Nelayan Khoiril Mustafa S.Pi  dan Kasi Sarana dan Prasarana Ikan Ade Hotman Sagala S.kel dan penyuluh perikanan Ani Saputra SPi.

Pada pertemuan tersebut,  pemberi materi tentang kreteria pengkukuhan kelompok dan penilaian kelas pemula dan
sertifikat pengukuhan kelompok disahkan kepala
desa selat nasik yang disampaikan khoiril mustafa.

Selanjutnya, Sesudah pemberi materi, sertifikat kelompok itu diserahkan Khoiril yang didampingi penyuluh Perikanan Ani Saputra SPi kepada dua KUB masing-masing putra nelayan dan KUB warga nelayan sebagai kelas pemula.

Khoiril ungkapkan bahwa
Penilai status kelas kelompok pemula ini telah memiliki syarat dari penilai tim kelembagaan pelaku utama perikanan tangkap pada dinas perikanan kabupaten Bekitung.

Adapun pengertian kelas kelompok pemula kata Khoril,  adalah  upaya pengembangan kelembagaan status kelompok  kub usaha nelayan.

Sedangkan pemberi materi berikutnya Ade Hotman berikan materi tentang beberapa program pengembagan perikanan tangkap dan tata cara pembuatan dukumen kepemilikan kapal serta akses permodalan untuk nelayan, dan program asuransi nelayan mandiri. *