Home / Bangka Belitung / Amankan Rumah Saat Mudik, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Aktifkan Siskamling
IMG_20220501_085125

Amankan Rumah Saat Mudik, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Aktifkan Siskamling

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Memasuki masa mudik lebaran, Bhabinkamtibmas Dusun Air Pelempang Timur, Desa Aik Pelempang Jaya, Tanjungpandan Brigadir Abdul Aziz mengajak warga didesa binaannya untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di lingkungan RT/RW masing-masing.

“Ini sesuai dengan atensi Kapolsek Tanjungpandan, partisipasi warga dalam menjaga keamanan melalui Siskamling sangat diperlukan untuk mencegah tindak kejahatan dilingkungannya masing-masing,” kata Abdul Aziz.

IMG_20220501_085125

Bhabinkamtibmas juga kata Azis,  telah berkoordinasi dengan Kepala Dusun (Kadus) diwilayah kerja masing-masing untuk meminta warga, agar melapor pada Kadus, RT/RW terlebih dahulu sebelum bepergian untuk mudik.

“Warga yang akan mudik juga diminta untuk memberitahu pada tetangga sekitar, sehingga rumah yang ditinggalkan mudik dapat dilakukan pengawasan bersama-sama,” ujarnya.

Di temui di Pos Kamling Sagu RT.05 RW.01 Dusun Air Pelempang Timur, Desa Aik Pelempang Jaya, Kepala Dusun (Kadus) Air Pelempang Timur (APT) Dhana pihaknya meminta agar masyarakat tak meninggalkan barang-barang berharga di dalam rumah. Dan juga masyarakat juga diminta untuk mengecek ulang segala hal yang berpotensi menimbulkan bahaya saat meninggalkan rumah.

“Tolong infokan ke tetangga terdekat terutama Ketua RW, RT agar bisa dipantau keberdaan rumah tersebut. Katanya.
Untuk mencegah aksi kejahatan menjelang lebaran Kadus APT mengatakan, telah berkordinasi juga dengan Bhabinkammtibmas dan Babinsa melakukan upaya pencegahan dengan melaksanakan patroli ditempat rawan dan pemukiman penduduk.

“Meskipun Kepolisian telah meningkatkan patroli, diharapkan kekompakan warga dalam melaksanakan Siskamling dapat menciptakan lingkungan yang aman selama mudik lebaran,” kata Aziz. (tim)