Home / Bangka Belitung / Hadi Sebut Buku Prosesi Perkawinan Adat Belitong Kado HJKT Kota Tgpandan

Hadi Sebut Buku Prosesi Perkawinan Adat Belitong Kado HJKT Kota Tgpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Hari ini Rabu, 30 Juni 2021, di ruang rapat Bupati Belitung digelar Penandatanganan kesepakatan antara H Salim YAH  selaku penulis, BUKU PROSESI PERKAWINAN ADAT BELITONG beserta Pakaian Penganten dan Perantinya, dengan ketua LAMBEL  (Lembaga Adat Melayu Belitung) dan pengurus LAMBEL yang disaksikan Bupati Belitung H Sahani Salah S.Sos,.

Adapun acara kegiatan ini dihadiri Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos,Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Ketua DPRD Belitung Ansori,  Ketua LAMBEL Drs Abdul Hadi Adjin, pengurus LAMBEL Achmad Hamzah,   Ismail Mihad, Karseno  serta pengurus LAM Kecamatan di Belitong dan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Pada acara tersebut hadir juga Salim YAH penulis, Buku Prosesi Perkawinan  Adat Belitong beserta Pakaian Penganten dan Perantinya.

Ketua LAMBEL Drs. H Abdul Hadi Adjin sebut pada hari ini tanggal 30 Juni 2021 adalah peluncuran buku tersebut sebagai Kado HJKT (hari jadi kota Tanjungpandan 183.
“Diberikan kita buku 20 tahun yang lalu tepatnya tanggal 7 Januari 2001 telah dirumuskan oleh tim perumus 12 orang. Alhamdulillah hari ini materi rumusan tersebut telah dibuatkan bukunya yang memenuhi standar ilmiah dulunya hanyalah budaya TUTUR sekarang tertulis sebagai dokumen dan pelengkap Perda 3 tahun 2003 pasal 3 ayat 1 dan 2,” katanya.
Dengan hadirnya buku ini, kata Hadi diharapkan dengan adanya buku ini adat budaya Belitung akan tertata dengqn baik dan beradab.

LAMBEL juga kata Hadi,  menyampaikan terimakasih kepada keluarga almarhum Bapak  (Alm) H Mahdani Miram yang telah menjadi sponsor tunggal pencetakannya dan kepada Ir. H. Darmansyah Husein (anggota DPD RI) sebagai penyumbang dana operasional tim perumus teks dan kegiatan lainnya.

Selain itu, kata Hadi, ucapan terima kasih  kepada semua tim perumus lambel dan  semoga menjadi investasi amal.

“LAMBEL juga membuka pintu jika ada masukan dan saran perbaikannya,” katanya.
Dan akhirnya, kata Hadi buku ini sebagai KADO ISTIMEWA LAMBEL untuk Pemerintah dan Masyarakat BELITONG.*