Home / Sejarah / Khusus Beltim: Suwargo, Plt. Bupati Beltim Terpendek Jabatannya

Khusus Beltim: Suwargo, Plt. Bupati Beltim Terpendek Jabatannya

Bagikan :

BELTIM: Sejak berdirinya Kabupaten Belitung timur saat ini terdapat beberapa pejabat dan bupati yang definitif memimpin Beltim. dari segi waktu, AMB Suwargo, pelaksana Tugas (Plt) Bupati Beltim yang tugasnya dengan tengang waktu sangat pendek. Ia hanya menjabat lima minggu memegang jabatan. Sebuah jabatan yang sangat pendek dibandingkan pelaksana tugas lainnya atau bupati yang definitif.
Ia ketika itu mengantikan Basuki Tjahaja Purnama karena ingin mencalonkan diri menjadi gubernur Bangka Belitung ketika itu. Suwargo memimpin Beltim mulai tanggal 26 desember 2006 hingga 30 Januari 2007.Ia ditunjuk sebagai pelaksana tugas bupati yang mendapat penunjukan ketika Hudarni Rani SH menjadi gubernur Bangka Belitung.

Dilihat dari masa jabatan, saat berdirinya Belitung Timur terdiri dari pejabat Bupati Belitung Timur yang pertama adalah Asri Matsum. Ia dilantik oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung atas nama Menteri Dalam Negeri di Pangkal Pinang pada tanggal 24 Mei 2003. Ia menjabat sebagai bupati hingga 6 Januari 2005 lalu mengundurkan diri karena akan mengikuti pemilihan kepala daerah sehingga jabatanya digantikan oleh Usman Saleh sebagai Pejabat Bupati kedua di Belitung Timur. Usman Saleh menjabat sebagai Bupati Belitung Timur sejak 6 Januari 2005 hingga 3 Agustus 2005 (8 Bulan).

Bupati berikutnya adalah Basuki Tjahaja Purnama dengan Wakil Bupati Khairul Efendi mulai memimpin tanggal 3 Agustus 2005 hingga 22 Desember 2006.
Dengan mengantongi suara 37,13 persen pasangan ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama.
Basuki kemudian mengundurkan diri sehubungan dengan pencalonan sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada pilkada pertama provinsi tersebut.
Usai Basuki, digantikan oleh AMB Suwarga yang mulai bertugas 22 Desember 2006 sampai dengan 30 Januari 2007 (lima Minggu).

Berikutnya adalah Khairul Effendi sebagai Bupati Belitung Timur yang mulai bertugas 30 Januari 2007 sampai dengan 6 september 2010. Selanjutnya Bupati Belitung Timur berikutnya adalah Basuri Tjahaja Purnama yang didampingi Wakil Bupati Zarkani Mukri
mulai bertugas 6 September 2010 hingga 8 September 2015.

Berikutnya Hardi sebagai pejabat Bupati Belitung Timur yang bertugas pada 8 September 2015 hingga 17 Februari 2016.Ia Menggantikan bupati sebelumnya, Basuri Tjahaja Purnama. Hardi sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung.
Dan akhirnya saat ini Bupati Belitung Timur Yuslih Izha dengan Wakil Bupati Belitung Timur Drs Burhanudin yang dilantik pada 17 Februari 2016. Foto : Istimewa*trawangnews.com