Home / Bangka Belitung / Basarnas Berhasil Evakuasi ABK KM EL No.2 Di KSOP Tanjungpandan

Basarnas Berhasil Evakuasi ABK KM EL No.2 Di KSOP Tanjungpandan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Disebabkan cuaca tak mendukung, Pada hari ini Minggu, 12 Januari 2020, Kapal Kargo KM EL No.2, yang layari dari pelabuhan Sunda Kelapa – Pontianak tenggelam di wilayah perairan Belitung, Bangka Belitung,

Namun demikian, dengan sigap pihak Basarnas Belitung, Polair dan KSOP Tanjungpandan lakukan upaya evakuasi hingga ABK bisa diselamatkan.

Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Fadli sebut kapal tersebut berisi beraneka muatan bangunan tenggelam di posisi koordinat 03°03’079″S- 107 28’043″ E dengan sebagian kapal masih dalam kondisi mengapung.
Akibat cuaca tak dukung, kata petugas, kapal KM EL No 2 kena terjangan agin kuat dan gelombang besar dan berakibat kapal bocor hingga ABK sempat terapung diperairan.

Beruntung, lewat dukungan berbagai pihak Basarnas, Polair dan KSOP Tanjungpandan sebanyak 14 ABK berhasil dievakuasi oleh kapal KM Tetap Jaya yang melintasi wilayah perairan tersebut kemudian di bawa menuju pelabuhan Tanjung Pandan. Pada pukul 09:00 WIB mereka tiba di pelabuhan Tanjung Pandan setelah berhasil dievakuasi semuanya dalam kondisi selamat,” katanya.*TIM