Home / Bangka Belitung / BPD Tanjung Binga Gelar Musyawarah Jaring Aspirasi Masyarakat

BPD Tanjung Binga Gelar Musyawarah Jaring Aspirasi Masyarakat

Bagikan :

SIJUK: BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Tanjung Binga menyelenggarakan Musyawarah, untuk menjaring aspirasi masyarakat, bertempat di Balai Dusun Timur Jaya Desa Tanjung Binga, pada Jumat, 11 Juni 2021.

Adapun penyelenggaraan musyawarah sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Musyawarah di desa diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa, dalam hal menggali dan menampung aspirasi masyarakat di desa guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2022 musyawarah Penjaringan Aspirasi Masyarakat diselenggarakan sesuai wilayah asal pemilihan anggota BPD yakni di Dusun Pantai Selatan dan Dusun Timur Jaya Desa Tanjung Binga.

Acara musyawarah dihadiri anggota BPD, kepala dusun, lembaga di desa, Kaur Perencanaan, ketua ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat, agama, pemuda dan perwakilan perempuan.

Kesepakatan musyawarah dari dusun tersebut nanti disampaikan kepada pemerintah desa guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2022.

Sebagai narasumber pada acara musyawarah tersebut adalah Dedi Sutiawan, SH selaku Kaur Perencanaan menyampaikan usulan tahun sebelumnya yang terealisasi di tahun 2021 dan yang diusulkan kembali pada tahun 2022.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Tanjung Binga Sunandar, SE sebut bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna menjaring aspirasi masyarakat terkait pembangunan di desa dan pemberdayaan masyarakat dengan hasil sesuai kebutuhan dan prioritas masyarakat seperti pembangunan jalan setapak, kantor BPD , pelatihan pembuatan otak-otak dari ikan, pelatihan pembuatan kerupuk dari ikan, pelatihan budidaya madu Teran ( trigona)yang diusulkan Ketua Lembaga Hutan Desa ( LPHD) Aik Geresik Pute, bapak Yunda.

Selain itu, Pelatihan fardhu kifayah serta kegiatan kepemudaan seni budaya dan peningkatan kapasitas kekarang tarunaan yang diusulkan oleh Nona Ariyani Safitri selaku Ketua Karang Taruna Laskar Berandun

Sedangkan untuk meminimalisir kenakalan remaja supaya dilaksanakan pembinaan mental seperti sosialisasi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Hasil Penjaringan ini sebagai dasar penyusunan RKPDes Tahun 2022 tentu disesuaikan dengan peningkatan ekonomi masyarakat dan penanganan pandemi covid 19,” tutur Ketua BPD Sunandar.

Diakhir acara, Bapak Benny Ciku Ketua RT 28 mempertanyakan dermaga di RT.29 yang belum terealisasi,
“Kami masih ingat ketika anggota DPRD Belitung bapak Suherman reses katanya dermaga di RT 29 akan dibangun tahun ini,” katanya.

Selain itu, pada jaring aspirasi, juga Pemerintah Desa Tanjung Binga di bulan Juni 2021 ini akan merealisasikan mobil jenazah hasil dari pendapatan asli desa tahun 2019.*