Home / Bangka Belitung / Di Belitung, Grup Singa Mas Sakti, Selalu Meriahkan Imlek Setiap Tahunnya
IMG-20220203-WA0148

Di Belitung, Grup Singa Mas Sakti, Selalu Meriahkan Imlek Setiap Tahunnya

Bagikan :

TANJUNGPANDAN:
Hari Raya Imlek 2022 atau Tahun Baru China 2573, diperingati masyarakat Tionghoa tepat pada hari Selasa, 1 Februari 2022 dan Tahun Baru Imlek pada tahun ini disebut sebagai tahun Macan Air

Di Belitung misalnya, meriahkan Imlek 2573, Grup Singa Mas Sakti Belitung ini dengan dilakukan aksi arak-arakan ke rumah warga yang merayakan imlek (Pay Nyen) di seputaran kawasan Tanjungpandan.

Dari pantauan media ini, sejak hari pertama imlek di Belitung hingga dalam beberapa hari berturut-turut, Grup Singa Mas Sakti Belitung, mengunjungi rumah warga yang tengah merayakan imlek ini. Adapun antraksinya sebagai rangkaian kegiatan lainnya sebagai wujud dari untuk memeriahkan imlek, disamping kegiatan imlek lainnya seperti Sembayang Leluhur dan silatuhrahmi antar keluarga yang satu dengan lainnya bagi yang  merayakan imlek.

Pimpinan Singa Mas Sakti, Rico Chen kepada media di Tanjungpandan, baru baru ini ungkapkan bahwa Grup Singa Mas Sakti Belitung setiap tahunnya selalu melakukan antraksi barongsai di saat perayaan imlek.
“Ini sudah jadi tradisi setiap tahunnya, dari Grup Singa Mas Sakti dalam melakukan antraksinya di perayaan imlek,” katanya.

Biasanya, kata Rico, kegiatan antraksi ini biasanya dimulai titik awal dari Gang 60, Tanjungpandan hingga ke wilayah lainnya di seputaran wilayah Tanjungpandan, mulai kawasan Perawas, Aik Baik, Air Serkuk, Keramik dan wilayah sekitarnya.

Adapun maksud diadakan acara kegiatan antraksi ini bagi yang merayakan imlek, memandangnya sebagai berkah dan penolak bala serta dijauhkan hal hal yang buruk dan sebagai pembuka pintu rezeki.*