Home / Bangka Belitung / Dipamerkan di Pertemuan G-20, Dinas KUKMPTK Belitung Siapkan 40 Produk UMKM Lokal
IMG_20220823_190142 (1)

Dipamerkan di Pertemuan G-20, Dinas KUKMPTK Belitung Siapkan 40 Produk UMKM Lokal

Bagikan :

TANJUNGPANDAN – Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung sudah menyiapkan 40 UMKM menjelang pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung, siap untuk dipamerkan dalam ajang G20 pada 7-9 September 2022 .

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Budi Swasta, ke sejumlah wartawan di Tanjungpandan usai bertemu langsung rombongan dari Bappenas yang dipimpin Sesmen Bappenas Taufik Hanafi saat berkunjung ke Galeri KUMKM Belitung, baru baru ini.

IMG-20220821-WA0083

Menurut Budi, produk UMKM yang dipamerkan dalam ajang G20 merupakan produk UMKM yang berhasil lolos kurasi dan verifikasi yang meliputi legalitas atau kelengkapan Nomor Izin Berusaha (NIB), sertifikasi halal, PIRT, BPOM dan kemasan ramah lingkungan. “Setelah diseleksi ditetapkan menjadi 40 produk,” katanya.
Adapun kata Budi, 40 produk UMKM yang akan ditampilkan dalam ajang pertemuan G20 di Belitung terbagi dalam beberapa kategori. Seperti kriya atau kerajinan, produk olahan, Batik Belitung, Lada Belitung dan Madu Pelabo, Batik Sepiak Belitong, Purunea eco straw, Bica Ceramica, topi daun kelapa, ketam isi Adena, lada atau sahang, kerupuk, sirup jeruk kunci dan lain-lain,” papar Budi.

Budi menambahkan pihak panitia akan menyediakan tempat di lokasi acara pertemuan bagi 40 pelaku UMKM guna menjual atau mempromosikan produk mereka dan penjaga “booth” UMKM nanti mereka yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Misalnya Inggris agar memudahkan dalam berkomunikasi serta dilengkapi dengan “story telling” atau narasi produk dalam bahasa Inggris sehingga para delegasi bisa berbelanja langsung di sana,”katanya.*