Home / Bangka Belitung / Ini Agenda Kegiatan Even Sosial dari Baznas Kabupaten Belitung di Penghujung Tahun 2022
IMG_20221103_074949

Ini Agenda Kegiatan Even Sosial dari Baznas Kabupaten Belitung di Penghujung Tahun 2022

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Baznas Kabupaten Belitung akan melakukan event sosialnya di penghujung tahun 2022. Diharapkan beberapa even yang digelar diharapkan dapat berjalan baik dan lantik.

Ketua Baznas Kabupaten Belitung Firmansyah SE MH, sampaikan bahwa event yang pertama tersebut yaitu tanggal 11 Nopember 2022 berupa pemberian bantuan kepada para UMKM dengan melalui program belitung makmur.

“Insyaallah akan dihadiri oleh pak bupati H.Sahani Saleh,S.sos dan jajaranya,” katanya.
Berikut even kedua kata Firmansyah, akan dilaksanakan tanggal 25 hingga 26 Nopember 2022 akan digelar kegiatan pelatihan pengembangan SDM dan Organisasi, yang pesertanya akan kami undang para pelaku UMKM, pengurus ormas,yayasan,pengurus masjid dan guru-guru di SMA/SMK se kabupaten Belitung.

“Pada kegiatan ini kami mengandeng ormas islam yakni Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Belitung(IPHI), ” ungkapnya.

Sementara itu, Event yang ketiga kata Firmansyah, yaitu pelaksanaan sunatan massal di bulan Desember (pada saat anak sekolah libur).

“Adapun kegiatan sunatan massal akan di laksanakan di 3 kecamatan,yaitu tanjung pandan,sijuk,dan membalong, dengan jumlah peserta kurang/lebih 100 anak yang akan di khitan. Untuk kegiatan ini kami(baznas belitung) bekerja sama dengan dinas kesehatan kabupaten belitung,” katanya.

Untuk teknis pelaksanaannya, ungkap Firmansyah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan puskesmas yang akan dijadikan tempat pelaksanaa khitanan.

“Untuk tanjungpandan dilaksanakan dikantor baznas,kecamatan sijuk di puskesmas sijuk,dan kecamatan membalong dilaksanakan dipuskesmas membalong,” katanya.

Menurut Firmansyah, semua event yang akan baznas laksanakan nanti merupakan bentuk wujud dari tanggung jawab dari para pimpinan baznas yang terpilih pada periode 2022-2027 untuk menjalankan semua program-program yang telah di buat dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan 2022.

Firmansyah ungkapkan bahwa semua event nanti yang akan dilaksanakan pada penghujung akhir tahun,merupakan sumber dari dana ZIS yang dibayarkan oleh para muzakki baik dari kalangan ASN maupun pekerja swasta.

“Namun ini masih belum optimal zakat yang disetorkan dari kalangan ASN Kabupaten Belitung,masih banyak/ada ASN Kabupaten Belitung yang memang penghasilan sudah mencapai nishob namun tidak menyetorkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Belitung, padahal berdasarkan aturannya ASN mempunyai kewajiban untuk menyetorkan zakatnya ke Baznas bukan ke lembaga ZIS lainnya,” katanya.
Maka dari itu Firmansyah sampaikan dengan tidak bosan-bosannya mengajak seluruh masyarakat,apakah ASN ataupun swasta bilamana harta/pendapatannya yang sudah mencapai nishob agar segera menunaikan zakatnya di kantor Baznas Kabupaten Belitung,yang mana kesemuaanya itu berguna untuk membantu para mustahiq.

“Dan kami(baznas) mohon di doakan agar 3 event baznas belitung bisa terlaksana dengan lancar dan baik,” katanya.*