Home / Sejarah / Ini Dia Mantan Bupati Belitung Diberhentikan Tidak Normal

Ini Dia Mantan Bupati Belitung Diberhentikan Tidak Normal

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Dari beberapa bupati yang telah memimpin Belitung, namun ada mantan bupati yang memimpin daerah diberhentikan secara tidak normal alias tidak hormat.Dia adalah Mas Sofian dan Urip TV Alam. Dua mantan Bupati ini mendapat penolakan keras dari masyarakat Belitung karena berbagai sesuatu lain hal. Meski demikian, masih ada penolakan dari warga masyarakat terhadap bupati lain, namun mereka tidak turun ditengah jalan saat memimpin.

Letkol Mas Sofyan sempat menjadi bupati tahun 1977 yang mengantikan Kusnio Hadi. Mas Sofyan terbilang tak terlalu lama memimpin Belitung. Ini lantaran tidak disukai oleh rakyat. Ketika sedang memimpin, ia mendapat mosi tak terpercaya dari masyarakat Belitung karena factor tertentu. Baru setahun berjalan dia berhenti menjadi Bupati Belitung. Selanjutnya, karena Belitung masih menjadi nauangan sumatera Selatan, Gubernur Sumsel ketika itu pata tahun 1978 menugaskan Datuk Lela Siregar sebagai Acting Bupati Belitung selama dua tahun. Barulah kemudian ditunjuk tahun 1980 Cholil Azis yang menjabat pembantu gubernur wilayah Bangka Belitung sebagai pelaksana tugas Bupati Belitung.

Selain Mas Sofyan, Bupati yang diberhentikan dengan tidak normal adalah Urip TV Alam yang memimpin tahun 1991 hingga 1995. Urip mendapatkan penolakan tidak normal untuk periode dua kali sebagai bupati Belitung karena tidak disenangi masyarakat Belitung. Ia pun digantikan tahun 1998, dan pemerintah pusat waktu itu mengangkat Nang Ali Solihin sebagai Caretaker Bupati Belitung hingga 1999. *trawangnews.com