Home / Bangka Belitung / Irwan Angkat Nama Desa Pulau Sumedang Lewat Produk UMKM Olahan Hasil Laut
IMG_20220416_131640

Irwan Angkat Nama Desa Pulau Sumedang Lewat Produk UMKM Olahan Hasil Laut

Bagikan :

MEMBALONG: Desa pulau Sumedang merupakan salah satu Desa dari 12 desa di kecamatan membalong ini yang menyimpan potensi perikanan disamping Desa lainnya yang ada di kabupaten Belitung.

Desa ini yang awalnya merupakan pemekaran dulunya dari Desa pulau seliu adapun hasil laut dimanfaatkan warganya, sebagai salah satu nilai ekonomis sebagai pendapatan masyarakat.

Boleh jadi, dari sekian warga yang tinggal di Desa pulau Sumedang, adalah Irwan, warga yang tinggal di jalan navigasi Desa pulau Sumedang mencoba mengangkat nama desanya yang jauh tertinggal dan terluar dengan 41 Desa lainnya yang ada di kabupaten Belitung mengembangkan produk UMKM olahan hasil laut.

 

IMG_20220416_131730

 

Adapun usaha yang dikembangkan antara lain yaitu ikan asin dan rebus teri hitam, ikan asin selar, ikan asin laisi, ikan asin Jamlang tenggiri dan lain-lain.

Irwan akui produk UMKM olahan hasil laut merupakan usaha keluarga yang baru dirintisnya sekitar Februari 2022.

“Alhamdulillah laris manis sebagai produk oleh-oleh di Galery KUKM”. Ini sebagai usaha sampingan selain sebagai perangkat desa dengan dibantu istrinya,” tutur Irwan.

OSambil terus belajar mengolah hasil ikan teri dan ikan asin yang didapat dari turun menurun agar berkualitas baik, Irwan juga berproses melengkapi perizinan dan berkonsultasi ke konsultan PLUT dan TPL wilayah kecamatan membalong.

Selama ini hasil ikan teri dan ikan asin dari Desa pulau Sumedang kata Irwan hanya dikirim menggunakan kardus ke Lampung dan Jakarta tapi tidak mempunyai nilai tambah dan daya ungkit .

Irwan berharap dengan produk umkmnya bisa mengangkat nama Desa Pulau Sumedang ke mancanegara melalui G-20 Expo yang direncanakan tanggal 7-9 September 2022 di halaman Hotel Sheraton Sijuk.*