Home / Bangka Belitung / Kaitan Pembinaan WBP, Kalapas Bangun Sinergi dengan Pemkab Belitung

Kaitan Pembinaan WBP, Kalapas Bangun Sinergi dengan Pemkab Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN:  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan terus mempererat sinergi dengan instansi terkait dalam program pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Berkaitan dengan hal tersebut, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan melakukan Lawatan Silaturahmi dan Koordinasi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Selasa (8/6/2021) untuk membahas secara langsung berbagai kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama – sama. Dalam kunjungan tersebut, Kalapas diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Hendra Cahya, SE, M.Si diruang kerjanya.

Kalapas menyampaikan berbagai kegiatan WBP yang telah dijalankan dan juga kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi (TUSI). Pemkab Belitung, intinya siap mendukung dan dikoordinasikan. Terkait dengan Kendaraan Dinas Operasional, dengan keterbatasan yang dimiliki oleh Pemkab Belitung, pihaknya belum dapat memenuhi dalam hal Hibah maupun Pinjam Pakai. Namun pihaknya akan mengakomodir jika sewaktu – waktu diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan di Lapas maupun kunjungan, dapat langsung berkoordinasi dan akan diakomodir oleh Pemkab Belitung. Intinya Pemkab Belitung siap mendukung, tentunya harus dikoordinasikan terlebih dahulu, ujar Sekda.

Selanjutnya, Kalapas melaksanakan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Belitung. Kalapas diterima oleh Kepala Dinas Ir Destika Effenly, MM diruang kerjanya untuk membahas kerja sama lanjutan Pembinaan Kemandirian WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Dalam kunjungan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Belitung siap mendukung program kemandirian bagi WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Pihaknya memiliki berbagai bibit tanaman unggul dan Penyuluh Pertanian yang siap mendukung kelancaran Program Pembinaan Kemandirian di Lapas. Rencana yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Pembukaan Lahan Perkebunan untuk Asimilasi Luar Tembok Lapas, dan juga program pelatihan penanaman bibit unggul seperti Varietes pepaya California.

Kepada Media Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH berharap Sinergitas yang telah terbangun baik ini dapat segera direalisasikan. Semoga program Pembinaan Kemandirian melalui Pelatihan Skill Perkebunan bagi WBP dapat memberikan kontribusi positif untuk terus mendorong pelaksanaan program pembinaan kemandirian di Kelas IIB Tanjungpandan menjadi lebih baik. Kontribusi PNBP yang dihasilkan dari berbagai kegiatan ini sekaligus mengubah image masyarakat dari lapas konsumtif menjadi lapas produktif. Sehingga rekan – rekan kita yang saat ini menjalani masa pidana di Lapas mendapatkan bekal keahlian yang bermanfaat ketika mereka bebas, harap Romiwin. *Rilis Media
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan