Home / Bangka Belitung / Kaitan Perikanan, Komisi 2 DPRD Babel Kunjungi Dinas Perikanan Belitung

Kaitan Perikanan, Komisi 2 DPRD Babel Kunjungi Dinas Perikanan Belitung

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Sejumlah anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Kepulauan Babel lakukan kunjungan ke kantor dinas perikanan kabupaten Belitung, pada hari ini, Selasa 8 Juni 2021.

Kedatangan rombongan komisi 2 DPRD Babel ini diterima langsung Kadin Perikanan Firdaus Zamri didampingi oleh Sekretaris Dinas M Munawir, Kabid Perikanan Tangkap Ade Winarko, Kabid Usaha Perikanan Susanto, Kabid Sumberdaya Perikanan Erwan Junandi, Kabid Perikanan Budidaya Rekie Irawan.

Dari komisi 2 DPRD Babel hadir diantaranya Ketua Komisi 2 DPRD Babel Adet Matsur, Hiryanto, Beliadi, Junaidi Rachman, Mansah, H. Mulyadi dan Edy Junaidi.

Adapun pertemuan itu adalah mencari masukkan dan informasi dalam kegiatan berbagai pembangunan perikanan provinsi yang ada di kabupaten Belitung, serta persoalan lainnya yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Dalam diskusi tersebut dipaparkan berbagai kaitan perikanan mengenai dermaga (Jetty), PPI di beberapa wilayah kecamatan di Belitung serta proses pembibitan dan pengembangbiakan ikan kerapu.

Ketua Komisi 2 DPRD Babel Adet Matsur sebut Pertemuan ini dalam rangka mencari masukkan terkait rencana pembahasan anggaran yang dilaksanakan bulan agustus khususnya dengan pemerintah provinsi Babel di bidang perikanan dan kelautan.

“Kita perlu kelengkapan data dan pengecekan terhadap apa-apa yang akan dianggarkan pada tahun 2022 mendatang berkaitan dengan pem bangunan kelautan dan perikanan,” katanya.

Berbagai diskusi kedua belah pihak terungkap seperti masukkan perlunya pengawasan ekstra dari dinas kelautan dan perikanan provinsi sesuai dengan batas wilayah dan aktivitas kelautan yang saat ini dirasa minim, perlunya pengembangan dermaga Suak Kemangdi kecamatan Selat Nasik, Dermaga (Jetty) Apo Tanjung Binga Kecamatan Sijuk, serta pendistribusian benih dengan baik dan tepat sasaran dan pemfungsian BBI (Balai Benih Ikan) dan perlu pemikiran soal kewenangan (pelimpahan) bila provinsi tak mampu mengolahnya, ada baiknya diserahkan ke kabupaten.

Sseperti UPI (usaha pengolahan ikan ) mikro yang saat ini sudah diserahkan ke kabupaten.

Diakhir acara, Adet Matsur sampaikan bahwa pihaknya dari komisi 2 DPRD Babel akan lakukan Evaluasi APBD tahun 2021 dan membicarakan program dinas kelautan dan perikanan provinsi Babel untuk tahun 2022.

Adet juga terima kasih masukan atas perlunya pengawasan laut babel kapal patroli, untuk pengamanan di wilayah laut kabupaten dan kota di Babel serta SDM yang lengkap berupa PPNS agar bisa meminalisir pencegahan pelanggaran di laut.*