Home / Bangka Belitung / Kampung Nelayan Maju Suak Gual Memproduksi Batik Ecoprint
IMG_20220516_203459

Kampung Nelayan Maju Suak Gual Memproduksi Batik Ecoprint

Bagikan :

SELATNASIK: Pembuatan Ecoprint, yang diproduksi oleh perwakilan KUB Kelompok Usaha Bersama) di Suak Gual, Kampong Nelayan Maju, Kecamatan Selat Nasik, sebagai salah satu prospek pengembangan ekonomi kreatif dan pendapatan ekonomi masyarakat di masa depan.
Ada 10 perwakilan KUB yang memproduksi pembuatan Ecoprint dengan motif tumbuhan yang ada di Desa Suak Gual.

IMG_20220516_203757

Adapun jenis tumbuhan dalam pembuatan Ecoprint yang dipergunakan untuk pembuatan pewarna alami dari daun ketapang.
Sedangkan motif ecoprint dari terdiri dari Daun Jambu, Daun Keletataan, Daun Kerumenting, Daun Pacar, Daun Pakis, Daun Taik Ayam.

Adapun pembuatan produksi ecoprint dilakukan dari 10 kelompok perwakilan KUB binaan dinas perikanan Kabupaten Belitung ini setelah dilakukan pelatihan bimtek dari Direktorat Periznan dan Kenelayanaan KKP RI dalam memberdayakan nelayan, pada Mei lalu.

Salah seorang dari Istri Nelayan KUB Mendanau Sejahtera, Nuraini mengucapkan terima kasih kepada staf khusus kementerian KKP (kelautan dan Perikanan) RI Ibu Siane Andriani sebagai narasumber dan telah memberikan pelatihan praktek pembuatan ecoprint dilakukan secara darling (lewat Video call).

Adapun hasil pelatihan praktek pembuatan batin ecoprint itu sudah disimpan di Galery Suak Gual tetapi tidak untuk dijual karena itu baru sebatas contoh (simple).

“Alhamdulillah peminatnya batik ecoprint ini banyak sebab wisata kampung nelayan maju selalu dikunjungi pengunjung.” kata Nuraini salah seorang peserta bimtek dan sekaligus Pembuat batik Ecoprint dari KUB Mendanau Sejahtera.
Sementara itu, Penyuluh perikanan wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik Ani Saputra SPi selalu memberikan dukungan dan mendampingi para nelayan dalam pengembangan usaha ecoprint.

IMG_20220516_203610

 

Sedangkan Kepala dinas perikanan kabupaten Belitung Firdaus Zamri SPi selalu mensupport kegiatan ecoprint untuk meningkatkan keterampilan nelayan dan istri nelayan dalam memproduksi Ecoprint untuk pengingkatan tambahan bagi keluarga nelayan.*