Home / Bangka Belitung / Kunjungi Lapas, Tim Monev Kanwil Babel Berikan Penguatan Akuntabilitas & Peningkatan Informasi Publik
IMG_20221201_135557

Kunjungi Lapas, Tim Monev Kanwil Babel Berikan Penguatan Akuntabilitas & Peningkatan Informasi Publik

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Untuk membangun citra positif Kementrian Hukum & HAM, dibutuhkan keseriusan dalam membangun akuntabilitas dalam pelaporan dan keterbukaan dalam memberikan layanan informasi publik. Untuk hal tersebut, Tim Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel melaksanakan Monev (Monitoring & Evaluasi) di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Kamis (1/12/12).

Tim Monev yang dipimpin oleh Kabag Humas & Program Kanwil Kemenkumham Babel tersebut me-monitoring dan evaluasi kelengkapan administratif yang ada di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan di antaranya untuk bidang Keuangan yaitu terkait dengan administrasi pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran dan pengelolaan BMN, Bidang Kepegawaian yang terkait dengan hukuman disiplin, absensi mandiri melalui Aplikasi Simpeg, Sistem Surat Masuk Surat keluar (Sisumaker) dan SPBE.

Sementara untuk bidang Program dan Humas yaitu terkait dengan penyusunan program kegiatan dalam dokumen RKA-K/L, penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP), aplikasi SMART dan e-monev, dan pelaksanaan reformasi birokrasi serta terkait publikasi pemberitaan melalui peran humas yang ada di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

IMG-20221201-WA0070

Dalam sambutannya Kabag Humas & Program Kanwil Kemenkumham Babel N.A. Triandini Oscar, S.Psi., M.M menyampaikan apresiasi atas Capaian Kinerja yang telah dicapai jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Menurutnya, hingga saat ini dalam hal pelaporan dan juga keterbukaan informasi publik Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sudah masuk dalam kategori baik. Secara tekhnis akan kami sampaikan beberapa masukan nantinya untuk perbaikan kearah yang lenbih baik lagi ditahun depan, Monitoring dan Evaluasi ini kami lakukan untuk pendampingan dan pembinaan pada UPT sehingga mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembangunan Zona Integritas di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Jelas Andini.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana, A.Md.IP, SH, MH menyampaikan terimakasih kepada jajaran Tim Monev Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel. Kunjungan Monev ini menjadi pembelajaran berharga bagi kami, tentu dalam pelaksanaan TUSI di Lapas ini ada kendala, dan ini menjadi kesempatan bagi kami untuk berdiskusi langsung mencari solusi. Masukan – masukan yang disampaikan akan menjadi atensi bagi kami untuk segera ditindaklanjuti, ujar Kalapas. *Rilis Media*/Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan_